kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, 5 Tips Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19


Rabu, 16 Maret 2022 / 14:47 WIB
Catat, 5 Tips Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Tips meminimalisir efek samping vaksin Covid-19. ANTARA FOTO/Galih Pradipta.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Vaksin adalah salah satu hal yang penting untuk menekan penyebaran Covid-19. Meski vaksin Covid-19 memberikan efek samping bagi sebagian orang, ternyata hal tersebut bisa diminimalisir, lo.

Pada dasarnya, mengalami efek samping setelah melakukan vaksin Covid-19 adalah hal yang wajar. Biasanya, beberapa orang setelah divaksin akan mengalami pegal, nyeri otot, mual, pusing, dan demam. 

Tetapi, efek samping tersebut tidak dialami setiap orang yang mendapatkan vaksin. Bahkan ada juga orang yang tidak merasakan efek samping sama sekali setelah mendapatkan vaksin Covid-19. 

Baca Juga: Catat! 5 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan yang Mudah Dicari

Melansir dari Eating Well terdapat beberapa tips meminimalisir efek samping vaksin Covid-19 menurut para ahli:

1. Istirahat yang cukup

Tips meminimalisir efek samping vaksin Covid-19 yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup, agar kondisi tubuh tetap fit sebelum dan setelah melakukan vaksin. 

"Istirahat yang cukup dan tidur nyenyak pada malam sebelum vaksin," kata Dr. Nicholas Pantaleo, M.D., dokter penyakit dalam dan praktisi pengobatan keluarga di Westmed Medical Group di Westchester, New York.

2. Menjaga asupan cairan

Menjaga asupan cairan tubuh juga penting dan menjadi salah satu cara meminimalisir efek samping vaksin Covid-19. Anda bisa memperbanyak minum air putih sebelum melakukan vaksin. 

3. Kompres dengan es 

Tips meminimalisir efek samping vaksin Covid-19 selanjutnya adalah dengan mengompres bagian lengan dengan es jika mengalami pembengkakan.  Pasalnya, hal tersebut bisa membantu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Bahan Alami Tanpa Harus Minum Obat

4. Terus bergerak

Rekomendasi tips meminimalisir efek samping vaksin Covid-19 bisa dengan cara terus bergerak atau melakukan aktivitas ringan. Hal ini bisa mempercepat hilangnya rasa nyeri.

"Gerakkan lengan yang disuntikkan di bahu sesering mungkin untuk mencegah rasa sakit atau nyeri lebih lanjut," ujar Pantaleo.

5. Konsumsi obat pereda nyeri 

Mengonsumsi obat pereda nyeri merupakan cara terakhir meminimalisir efek samping Covid-19. Namun, Anda hanya boleh mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai dengan anjuran dokter supaya tidak terjadi efek samping lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×