kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Bahan Alami Tanpa Harus Minum Obat


Selasa, 15 Maret 2022 / 11:58 WIB
6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Bahan Alami Tanpa Harus Minum Obat
ILUSTRASI. Ilustrasi hidung tersumbat.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Hidung tersumbat adalah salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang saat terkena flu atau pilek. Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami tanpa harus mengkonsumsi obat berbahan kimia. 

Saat hidung tersumbat, kondisi tersebut sangat membuat tidak nyaman apalagi menjelang tidur. Terkadang hidung tersumbat juga bisa membuat napas menjadi lebih sulit hingga menimbulkan pusing atau sakit kepala. 

Umumnya hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir di saluran pernapasan. Namun, ternyata hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di area sinus. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

Terlepas dari itu, dilansir dari PhamrEasy ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

1. Bawang Merah 

Bawang merah adalah salah satu bahan alami yang mampu mengatasi hidung tersumbat. Cobalah untuk mencium aroma bawang merah kuat tersebut selama beberapa menit sampai hidung tersumbat menjadi lebih baik. 

2. Jahe 

Jahe adalah salah satu rempah yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah dapat mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa meminum air rebusan jahe karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

3. Cuka Apel 

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah memanfaatkan cuka apel. Pasalnya, cuka apel mengandung antibakteri dan antijamur yang efektif melancarkan sistem pernapasan. 

Baca Juga: Catat! 5 Obat Alami Sakit Jantung yang Mudah Didapatkan

4. Bawang Putih 

Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga bisa mengatasi hidung tersumbat. Kandungan antioksidan dalam bawang putih dipercaya dapat mengatasi infeksi yang menjadi penyebab hidung tersumbat. 

5. Madu 

Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi madu untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, madu juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan akibat infeksi. 

6. Nanas

Cara mengatasi hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi buah nanas. Kandungan bromealin dalam buah nanas dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh salah satunya yang menjadi penyebab hidung tersumbat. 

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan bahan-bahan alami. Meski demikian, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×