Tips Sehat

Ini 5 opsi obat herbal sesak nafas yang bisa Anda coba

Senin, 14 Juni 2021 | 14:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 opsi obat herbal sesak nafas yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Jahe termasuk salah satu obat herbal sesak nafas.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sesak napas adalah salah satu kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Jika Anda mengalami hal tersebut, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat herbal sesak nafas. Ada banyak pilihan bahan alami yang bisa Anda coba.

Setiap orang mengalami durasi sesak napas yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya dalam waktu singkat, tapi tak sedikit yang mengalami sesak napas dalam jangka waktu lama. Biasanya, sesak napas dipicu oleh berbagai macam faktor.

Mulai dari olahraga, terpapar sumber alergi, obesitas, infeksi virus atau bakteri, dan kondisi kesehatan yang lain. Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami berikut ini hanya berlaku sebagai obat sementara. Supaya kesehatan Anda benar-benar terjaga, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Asam Lemak Omega-3

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 bisa jadi salah satu cara mengatasi sesak napas. Misalnya, ikan salmon dan ikan tuna. Kandungan dalam jenis makanan itu mampu mencegah inflamasi sehingga sesak napas dapat Anda hindari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat alergi dingin yang bisa Anda coba

Jahe

Bahan alami selanjutnya yang Anda manfaatkan sebagai obat herbal sesak nafas adalah jahe. Jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang mana berguna untuk mencegah peradangan pada paru-paru. Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk rutin minum air rebusan jahe.

Bawang Merah

Pharmeasy mengatakan bahwa bawang merah mengandung quercetin yang berguna untuk melawan berbagai macam alergen penyebab sesak napas. Selain itu, bawang merah juga dipenuhi dengan sulfur yang dapat melawan infeksi pada saluran pernapasan.

Kopi Hitam

Salah satu obat herbal sesak nafas yang bisa Anda coba adalah kopi hitam.

Siapa yang gemar minum kopi hitam? Ternyata kopi bisa digunakan sebagai obat herbal sesak nafas, lo. Kafein yang terdapat dalam kopi hitam mampu mengendurkan otot saluran pernapasan sehingga sesak napas dapat berkurang.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat sakit jantung dari bahan-bahan alami

Kunyit

Jika Anda mencari cara mengobati sesak napas, tak ada salahnya untuk mencoba kunyit. Salah satu jenis rempah itu mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri yang efektif melawan infeksi. Tak hanya itu, kunyit juga mengandung curcumin yang mampu melawan faktor penyebab alergi.

Selain memanfaatkan beberapa jenis bahan alami yang telah disebutkan, sesak napas dapat Anda atasi dengan mengatur posisi tubuh dan pernapasan. Jika Anda kesulitan untuk mendapat posisi yang tepat, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

Selanjutnya: Waspada jika alami sesak napas, simak 4 penyebabnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru