kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,72   4,08   0.44%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Rekomendasi obat alergi dingin yang bisa Anda coba


Jumat, 26 Maret 2021 / 12:28 WIB
5 Rekomendasi obat alergi dingin yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Salah satu manfaat apel adalah bisa digunakan sebagai obat alergi dingin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti jenis alergi yang lain, alergi dingin bisa diatasi dengan beberapa cara. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obat alergi dingin dan melakukan cara lain supaya reaksi alergi tak semakin parah.

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari alergennya. Saat cuaca di tempat Anda berada dingin, usahakan untuk menggunakan pakaian yang hangat. Hal yang sama juga berlaku jika Anda melakukan kegiatan lain, misalnya berenang.

Bersin, hidung berair atau tersumbat, sakit tenggorokan, hingga sesak napas jadi beberapa reaksi alergi yang sering terjadi. Jika cara mengatasi alergi tak segera Anda lakukan, reaksi-reaksi tersebut akan semakin parah hingga mengganggu kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Minum Banyak Air Putih

Beberapa jenis reaksi alergi, seperti bersin, dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dari itu, cobalah untuk minum banyak air supaya kondisi tubuh tetap terjaga. Selain itu, Parents (parents.com) merekomendasikan untuk mengonsumsi teh herbal yang mengandung antiinflamasi supaya reaksi alergi tak semakin parah.

Baca Juga: 5 Obat sesak nafas dari bahan alami, bisa Anda coba

Apel

Apel bisa Anda manfaatkan sebagai obat alergi dingin, lo. Jenis buah itu mengandung banyak flavonoid, vitamin C, dan jenis nutrisi lain yang dapat meredakan reaksi alergi. Untuk anak-anak yang berusia di bawah empat tahun, cobalah untuk mengupas dan memarut apel supaya lebih mudah dicerna.

Bawang Merah

Obat alergi dingin bisa berasal dari bawang merah.

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk meredakan alergi adalah bawang merah. Tak hanya mengatasi alergi, antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung dalam bawang merah mampu untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Buah Beri

Selain apel dan bawang merah, Parents juga merekomendasikan buah beri sebagai obat alergi dingin. Sama seperti apel, buah beri mengandung banyak vitamin C dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi reaksi alergi.

Buah beri juga bisa digunakan untuk mengatasi alergi yang dialami anak-anak. Jika anak belum terbiasa mengonsumsi makanan padat, cobalah untuk menumbuk buah beri matang hingga benar-benar halus. Dengan begitu, buah beri menjadi lebih mudah untuk dicerna.

Baca Juga: 7 bahan alami yang efektif mengobati radang tenggorokan

Hindari Asap Rokok

Jika Anda memiliki alergi, cobalah untuk menghindari asap rokok, ya. Asap rokok dapat memperparah reaksi alergi yang Anda alami. Tidak hanya itu, asap rokok juga berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan. Jadi, ada baiknya untuk tidak berdekatan dengan orang-orang yang merokok.

Selanjutnya: Sedang batuk? Teh jahe dan lemon bermanfaat meredakan batuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×