Ini 5 Masker Rambut Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 Masker Rambut Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri

ILUSTRASI. Gunakan masker rambut alami secara teratur untuk menjaga kondisi rambut.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki rambut yang sehat merupakan keinginan banyak orang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat kondisi rambut prima adalah dengan memakai masker rambut alami. Cara mengolah bahan alami cukup mudah untuk Anda praktikkan.

Sebenarnya, ada banyak masker rambut yang dijual di pasaran. Namun, karena terbuat dari bahan kimia, dikhawatirkan masalah rambut Anda justru semakin parah. Hal itu bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami berikut ini hanya mampu mengatasi masalah rambut yang tidak terlalu parah. Jika kondisi yang Anda alami jauh lebih serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Kuning Telur

Supaya rambut tidak mudah rusak, cobalah untuk mengaplikasikan kuning telur pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut selama satu jam. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Kuning telur mengandung vitamin A, folat, dan vitamin E, yang mampu mencegah rambut rusak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Memakai Bahan Alami

Madu dan Susu

Jika Anda memiliki rambut yang rapuh, cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari susu dan madu. Protein dan asam amino dalam susu serta kandungan dalam madu berguna untuk menguatkan rambut. Kombinasi bahan tersebut juga bisa memperbaiki tekstur rambut sehingga bisa lebih lembut.

Caranya, campur 1 sdm madu dengan segelas susu lalu gunakan setelah Anda mencuci rambut dengan sampo. Diamkan dulu selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika rambut Anda tipis, Byrdie (byrdie.com) merekomendasikan Anda untuk memakai susu skim.

Cuka Apel

Cuka apel bisa jadi masker rambut alami.

Cuka apel cocok digunakan untuk mengatasi rambut kusam. Campur 1 sdm cuka apel dengan ½ gelas air. Aplikasikan air cuka apel pada rambut yang masih lembab setelah dicuci menggunakan sampo. Diamkan dulu selama 5 menit kemudian bilas memakai air dan kondisioner.

Pisang dan Minyak Zaitun

Masker rambut alami selanjutnya bisa Anda buat dengan pisang dan minyak zaitun. Gabungan dua bahan alami tersebut mampu mengatasi rambut kering, menyeimbangkan pH kulit kepala, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Anda hanya perlu mencampur sebuah pisang matang yang sudah dihancurkan dengan 1 sdm minyak zaitun. Gunakan campuran itu pada rambut yang sudah dibersihkan lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Baca Juga: Dari Bahan Alami, Simak 5 Masker Rambut Berikut Ini

Alpukat dan Minyak Zaitun

Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh alat penata rambut bersuhu tinggi atau polusi di sekitar Anda. Byrdie mengatakan, masalah tersebut bisa diatasi dengan masker rambut alami yang terbuat dari alpukat dan minyak zaitun.

Pertama, remukkan ½ buah alpukat lalu campur dengan ½ gelas minyak zaitun. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gunakan masker itu pada rambut selama 30 menit. Protein, vitamin, dan mineral dari bahan alami itu akan memperbaiki kutikula rambut yang rusak.

Selanjutnya: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin E Ini Mudah Ditemukan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru