5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Memakai Bahan Alami

Selasa, 11 Januari 2022 | 11:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Memakai Bahan Alami

ILUSTRASI. Cara mengatasi rambut rontok ada banyak, misalnya dengan bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut rontok merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jumlah rambut rontok berlebih bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan atau perawatan rambut yang tidak benar. Supaya tidak bertambah parah, sebaiknya segera coba cara mengatasi rambut rontok.

Perawatan rambut rontok bisa Anda mulai dengan mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab rambut rontok. Mengutip dari Purplle.com, ada beberapa hal yang bisa memicu kerontokan rambut.

Mulai dari paparan polusi, gen, perubahan hormon dalam tubuh, stres yang tak terkelola dengan baik, obat atau jenis penyakit tertentu, dan faktor-faktor yang lain. Nah, beberapa bahan alami dalam artikel ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Lakukan uji coba dulu sebelum rutin memakai bahan-bahan alami di bawah ini, ya. Segera hentikan pemakaian apabila muncul reaksi alergi. Jika kulit kepala tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaiannya secara teratur.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Sesak Nafas, Bisa Pakai Bahan Alami, Lo

Minyak Kelapa

Rambut rontok parah bisa Anda atasi dengan minyak kelapa, lo. Caranya, hangatkan 2-3 sdt minyak kelapa kemudian oleskan di seluruh kulit kepala. Pijat secara perlahan kemudian diamkan selama 20 menit atau selama semalaman lalu cuci dengan sampo. Lakukan cara itu dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Teh Hijau

Teh hijau bisa difungsikan sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Teh hijau bisa Anda manfaatkan sebagai obat rambut rontok, lo. Anda perlu merendam 1-2 kantung teh dalam segelas air panas selama lima menit. Setelah dingin, siramkan air teh hijau itu pada rambut dan kulit kepala. Beri sedikit pijatan dan diamkan dulu selama 60 menit lalu bilas dengan air.

Lidah Buaya

Purplle.com merekomendasikan lidah buaya sebagai bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan cara mengatasi rambut rontok. Tidak hanya itu, lidah buaya pun mampu mengurangi produksi minyak sehingga ketombe dapat Anda hindari.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya di rambut dan kulit kepala. Jangan lupa untuk memberi sedikit pijatan agar lidah buaya dapat terserap maksimal. Diamkan selama satu jam kemudian bilas rambut dengan air hingga bersih.

Baca Juga: 5 Obat Rambut Rontok Ini Wajib Anda Coba, Pakai Bahan Alami

Ginseng

Ginseng cocok dijadikan obat rambut rontok karena bisa menstimulasi folikel rambut. Anda bisa minum suplemen ginseng yang Anda temukan dengan mudah di pasaran. Namun, usahakan untuk mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang disarankan dokter, ya.

Bawang Merah

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda jadikan cara mengatasi rambut rontok adalah bawang merah. Meski memiliki bau menyengat, nutrisi dalam bawang merah mampu meningkatkan aliran darah di kulit kepala. Dengan begitu, rambut bisa tumbuh lebih kuat dan lebat.

Pertama, haluskan dan peras bawang merah supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak bawang merah pada seluruh kulit kepala menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Lakukan langkah tersebut satu kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Inilah Rempah-Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru