4 Cara Mengatasi Sesak Nafas, Bisa Pakai Bahan Alami, Lo

Rabu, 05 Januari 2022 | 15:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara Mengatasi Sesak Nafas, Bisa Pakai Bahan Alami, Lo

ILUSTRASI. Anda bisa memakai bahan alami sebagai cara mengatasi sesak nafas.


KONTAN.CO.ID - Secara umum, sesak napas terjadi karena ada masalah pada sistem pernapasan. Supaya tidak bertambah parah, ada beberapa cara mengatasi sesak nafas yang bisa Anda coba.

Setiap orang mengalami intensitas sesak napas yang berbeda-beda. Begitu pula dengan durasi sesak napas yang terjadi. Ada beberapa kasus di mana sesak napas hanya terjadi dalam waktu singkat.

Namun, ada pula yang mengalami sesak napas dalam waktu lama. Kondisi itu tentu saja bisa membuat Anda sangat tidak nyaman.

Selain mencoba beberapa hal di bawah ini, pastikan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa segera melakukan langkah pengobatan yang tepat.

Madu

Only My Health mengatakan, madu baik untuk sistem pernapasan Anda. Cobalah untuk mengonsumsi madu tiap sebelum tidur. Selain mencegah sesak napas semakin parah, kebiasaan itu juga bisa mengurangi mengi.

Tidak berhenti sampai di situ, berbagai macam kandungan dalam madu, seperti antiinflamasi dan antioksidan, bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh herbal atau air hangat.

Baca Juga: Efektif Atasi Rambut Rontok, Simak 6 Manfaat Buah Nanas Ini

Air garam

Memanfaatkan air garam adalah salah satu cara mengatasi sesak nafas.

Bahan alami lain yang cocok dijadikan cara mengatasi sesak nafas adalah air garam. Apalagi jika sesak napas yang Anda alami terjadi karena hidung tersumbat.

Berkumur dengan air garam akan mengencerkan dahak sehingga dahak yang menyumbat lebih mudah dikeluarkan. Caranya sangat mudah. Pertama, campur ½ sdt garam dalam segelas air hangat.

Aduk sampai garam larut kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan kegiatan itu selama 4-5 menit. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai sesak napas benar-benar berkurang.

Baca Juga: Gejala TBC, pengobatan dan pencegahan penyakit ini

Jahe

Tahukah Anda bahwa jahe bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sesak nafas? Menurut penelitian, kandungan dalam jahe efektif mengobati infeksi di saluran pernapasan.

Jadi, sesak napas pun bisa berkurang. anda bisa minum air rebusan jahe hangat untuk merasakan manfaatnya.

Kopi

Bahan alami lain yang direkomendasikan Only My Health sebagai obat sesak nafas adalah kopi. Kafein dalam kopi mampu membuat otot di saluran pernapasan rileks sehingga lebih memudahkan Anda untuk bernapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru