kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,02   -27,70   -2.87%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari Bahan Alami, Simak 5 Masker Rambut Berikut Ini


Senin, 10 Januari 2022 / 12:43 WIB
Dari Bahan Alami, Simak 5 Masker Rambut Berikut Ini
ILUSTRASI. Anda bisa memakai masker rambut untuk mengatasi banyak masalah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Memakai masker rambut secara rutin adalah salah satu bentuk perawatan yang perlu Anda lakukan. Dengan memakai masker, ada banyak masalah rambut yang bisa Anda atasi. Mulai dari rambut rontok hingga rambut bercabang.

Ada banyak pilihan masker yang bisa Anda coba, misalnya, masker yang dijual di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, lo.

Selain mengatasi masalah rambut Anda, nutrisi dalam bahan alami yang Anda gunakan bisa menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Dengan pemakaian rutin, rambut akan tumbuh lebih kuat, lebat, dan terlihat berkilau.

Namun, usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika bahan-bahan alami berikut tidak memunculkan reaksi alergi, Anda bisa melanjutkan pemakaian:

Cuka apel

Oprah Daily mengatakan, cuka apel mengandung banyak antimikroba. Kandungan itu dapat digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal dan berkerak.

Caranya, campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:10. Basahi rambut dengan air tersebut. Diamkan selama lima menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 9 Bahan Alami yang Cocok Anda Jadikan Pelurus Rambut

Madu dan alpukat

Jika Anda ingin membuat masker rambut sendiri, cobalah untuk mencampurkan madu dan alpukat. Bahan alami tersebut dipenuhi dengan nutrisi yang efektif mengatasi rambut bercabang.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa menambahkan yogurt, brown sugar, pisang, dan cuka apel. Pertama, campur bahan-bahan itu. Masing-masing sebanyak 1 sdm, ya.

Selanjutnya, aplikasikan masker tersebut pada kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap. Biarkan selama minimal 20 menit kemudian bilas dengan sampo seperti biasa.

Madu, telur, dan cuka apel

Telur, madu, cuka apel, dan bahan alami lain bisa Anda olah menjadi masker rambut.

Apabila Anda ingin mengatasi rambut kering, kombinasi 1 sdt madu, 1 telur, dan 1 sdm cuka apel adalah pilihan yang tepat. Aplikasikan bahan-bahan alami pada rambut selama 30-40 menit. Selanjutnya, bilas dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Cara Merawat Kuku yang Bisa Jadi Pilihan

Minyak zaitun dan gula

Masker rambut berikutnya bisa Anda buat dengan mencampur minyak zaitun dan gula. Bahan alami tersebut mampu mengatasi ketombe dan rambut kering. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur 2 sdm gula dengan 5 sdm minyak zaitun. Pastikan untuk menggunakan masker tersebut sebelum gulanya benar-benar hilang, ya.

Pijatkan masker minyak zaitun dan gula tersebut pada kulit kepala dan seluruh rambut kemudian bilas dengan sampo.

Minyak kelapa dan kayu manis

Mengutip dari Oprah Daily, kombinasi minyak kelapa dan kayu manis efektif mengatasi rambut rusak. Bahan-bahan alami tersebut mampu menstimulasi aliran darah di kulit kepala sehingga rambut tumbuh kuat.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur 1 sdt minyak kelapa dengan 1 sdt kayu manis. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit kepala dan seluruh area rambut. Diamkan dulu minimal 30 menit kemudian bilas dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×