kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Bahaya Makan Roti Berlebihan Setiap Hari bagi Kesehatan


Kamis, 06 Juli 2023 / 12:15 WIB
Ini 5 Bahaya Makan Roti Berlebihan Setiap Hari bagi Kesehatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali bahaya makan roti berlebihan setiap hari yang berdampak negatif bagi kesehatan. Konsumsi makanan tentu wajib seimbang dari segi kandungan gizi.

Konsumsi roti sah-sah saja apabila dalam takaran yang baik beserta pelengkap seperti sayur hingga buah.

Roti merupakan produk makanan yang umum terbuat dari tepung terigu, air, ragi, garam, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Nah, adapun roti tawar tepung merupakan jenis roti yang terbuat dari tepung terigu yang telah diolah dan tanpa menambahkan perasa buatan.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Makan Larut Malam bagi Kesehatan, Cek Juga Solusinya

Roti tawar atau roti putih

Kandungan gizi roti tawar tepung dapat bervariasi tergantung pada jenis tepung yang digunakan dan bahan tambahan lainnya.

Daftar kandungan gizi roti tawar 

Secara umum, berikut adalah kandungan gizi yang biasanya terdapat dalam roti tawar atau roti putih per 100 gram:

  • Energi: Sekitar 250-300 kalori. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada komposisi tepung dan bahan lainnya.
  • Karbohidrat: Roti putih kaya akan karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber utama energi. Karbohidrat menyumbang sekitar 50-60 gram per 100 gram roti.
  • Protein: Biasanya terkandung sekitar 8-10 gram protein per 100 gram roti. Protein penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh.
  • Lemak: Lemak dalam roti tawar atau roti putih biasanya dalam jumlah yang relatif rendah, sekitar 1-3 gram per 100 gram roti. Lemak memberikan energi dan membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.
  • Serat: Roti putih umumnya mengandung serat yang lebih rendah dibandingkan dengan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh. Namun, kandungan serat dapat bervariasi, tetapi umumnya sekitar 1-3 gram per 100 gram roti.
  • Vitamin dan Mineral: Roti tawar putih umumnya mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam roti tawar adalah vitamin B, zat besi, seng, dan selenium.

Namun, makan roti tawar berlebihan setiap hari tidak baik untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa bahaya makan roti berlebihan setiap hari yang dirangkum dari laman Eat this.

Baca Juga: Ini 7 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Tubuh

Bahaya makan roti tawar berlebihan

1. Mendorong rasa lapar

Bahaya makan roti berlebih tentu salah satunya mendorong perasaan lapar. Komposisi roti jelas tinggi karbohidrat dan roti putih khususnya tinggi pada indeks glikemik.

Satu studi ungkap mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi sebenarnya dapat meningkatkan rasa lapar dan mendorong makan berlebihan.

Perlu diingat bahwa kandungan gizi roti tawar tepung dapat bervariasi tergantung pada merek, jenis tepung yang digunakan, dan bahan tambahan yang dimasukkan. 

2. Peningkatan risiko diabetes

Tentu, dari efek rasa lapar dan makan yang lebih banyak, karbohidrat akan semakin meningkat yang berpengaruh pada kadar gula darah.

Dari faktor tersebut, penting untuk diingat bahwa saat kadar gula darah meningkat, dapat berpotensi menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

3. Kenaikan berat badan

Selain fakta bahwa roti dapat menyebabkan makan berlebihan dan mengidam yang akan menyebabkan Anda menambah berat badan, roti putih telah kehilangan serat dan nutrisinya.

Pastikan Anda dapat mengontrol konsumsi roti dalam seminggu atau sebulan agar tetap konsumsi makanan lain yang kaya serat.

4. Gangguan pencernaan

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan, seperti gas, kembung, atau gangguan iritasi usus, saat mengonsumsi roti berlebihan.

Hal ini terkait dengan kandungan gluten dalam tepung terigu. Bagi individu dengan sensitivitas gluten atau penyakit celiac, mengonsumsi roti secara berlebihan dapat menyebabkan gejala negatif.

5. Kekurangan nutrisi penting

Saat makan roti berlebihan, ini mengakibatkan pengurangan konsumsi makanan seimbang lainnya yang mengandung berbagai nutrisi penting.

Artinya, tubuh bisa saja kekurangan nutrisi tertentu dalam beberapa periode. Roti tawar putih, misalnya, sering kali rendah serat, vitamin, dan mineral dibandingkan dengan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh.

Penting untuk memperhatikan jumlah dan jenis roti yang dikonsumsi, serta menjaga pola makan yang seimbang dan variasi nutrisi.

Opsi untuk menggantikan roti putih dengan roti gandum utuh, yang lebih tinggi serat dan nutrisinya, juga dapat memberikan manfaat kesehatan. 

Demikian informasi terkait bahaya makan roti berlebihan setiap hari yang berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×