Ini 4 masker rambut untuk rambut kering dan mengembang

Jumat, 24 September 2021 | 08:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 masker rambut untuk rambut kering dan mengembang

ILUSTRASI. Cobalah memanfaatkan bahan alami sebagai masker rambut untuk rambut kering dan mengembang.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut kering terjadi karena rambut tak mampu mengunci kelembaban. Selain menyebabkan rambut mengembang, kondisi itu juga mengakibatkan rambut terlihat kusam dan mudah patah. Masker rambut untuk rambut kering dan mengembangkan pun Anda butuhkan.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan ada beberapa faktor yang memicu rambut kering. Mulai dari paparan sinar matahari, terlalu sering mencuci rambut, menggunakan produk penataan atau perawatan rambut yang tak sesuai, hingga tubuh kekurangan nutrisi.

Selain melakukan perawatan rambut di salon, bahan-bahan alami juga bisa Anda pakai untuk mengatasi rambut kering. Dengan pemakaian rutin, rambut tidak lagi mengembang. Rambut juga bisa terlihat lebih berkilau dan sehat.

Minyak Kelapa dan Daun Kare

Masker rambut untuk rambut kering dan mengembang pertama yang bisa Anda pakai terbuat dari minyak kelapa. Tak hanya melembabkan, bahan alami itu pun mampu melembutkan rambut. Caranya, rebus daun kari dan minyak kelapa selama dua menit. 

Setelah mendidih, diamkan beberapa saat sampai dingin lalu aplikasikan pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Tutup kepala dengan handuk hangat selama beberapa menit sebelum Anda membilasnya dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Efektif, coba 5 masker rambut dari bahan alami ini, yuk

Telur, Minyak Zaitun, Madu

Telur adalah salah satu bahan alami dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Supaya kelembaban rambut bisa terjaga, cobalah untuk memakai masker rambut untuk rambut kering dan mengembang yang terbuat dari tiga butir telur, 2 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm madu.

Aduk semua bahan itu dalam sebuah wadah sampai rata. Selanjutnya, aplikasikan pada kulit kepala dan rambut kemudian tutup dengan shower cap. Setelah 30 menit, bilas rambut memakai air.

Alpukat dan Telur

Melansir Medical News Today, rambut kering dapat diatasi dengan memakai alpukat dan telur. Vitamin A, vitamin E, dan jenis lemak yang terkandung dalam alpukat efektif menjaga kelembaban rambut sehingga pertumbuhan rambut lebih sehat.

Anda perlu menghaluskan satu buah alpukat terlebih dahulu kemudian campur dengan satu butir telur. Aduk rata lalu oleskan di seluruh kulit kepala dan rambut yang basah selama 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air.

Baca Juga: 5 Masker dari bahan alami untuk kulit kering

Pisang

Gunakan pisang sebagai masker rambut untuk rambut kering dan mengembang.

Jika Anda ingin melembabkan rambut dengan bahan alami, cobalah untuk memanfaatkan pisang. Selain melembabkan, kalium dan nutrisi lain yang terdapat dalam pisang mampu mengatasi rambut bercabang dan masalah rambut yang lain.

Pertama, tumbuk satu buah pisang matang sampai benar-benar halus. Aplikasikan pisang itu dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan dulu selama 60 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: 5 Bahan ini bisa jadi moisturizer untuk kulit berminyak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru