5 Bahan ini bisa jadi moisturizer untuk kulit berminyak

Selasa, 21 September 2021 | 10:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan ini bisa jadi moisturizer untuk kulit berminyak

ILUSTRASI. Lemon termasuk bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memilih moisturizer untuk kulit berminyak bukan perkara mudah. Anda perlu memilih pelembab yang tak membuat masalah kulit semakin parah. Jika Anda masih merasa bingung untuk mencari pelembab yang tepat, bahan alami dalam artikel ini mungkin bisa jadi pilihan.

Melansir Stylecraze (stylecraze.com), Anda perlu menggunakan pelembab minimal sebanyak satu hingga dua kali sehari, yaitu setelah mencuci wajah. Usahakan untuk tidak memakai pelembab secara berlebihan supaya produksi minyak tak bertambah banyak.

Hindari pula memakai pelembab yang terlalu sedikit karena justru membuat kulit kusam. Supaya kelembaban kulit bisa tetap seimbang, cobalah untuk rutin memakai bahan alami berikut ini. Namun, hentikan pemakaian apabila muncul reaksi alergi yang tak diinginkan.

Minyak Jojoba

Selain menjaga kelembaban kulit, minyak jojoba juga efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari, lo. Caranya sangat mudah. Tuang beberapa tetes minyak jojoba di telapak tangan lalu usapkan di seluruh permukaan wajah setelah Anda membersihkannya.

Baca Juga: Efektif, coba 5 masker rambut dari bahan alami ini, yuk

Lemon dan Madu

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan moisturizer untuk kulit berminyak adalah lemon dan madu. Stylecraze mengatakan bahwa lemon berperan sebagai astringen alami. Di sisi lain, madu efektif melembabkan dan mengobati jerawat serta masalah kulit yang lain.

Pertama, campur air perasan lemon dan madu hingga teraduk rata. Aplikasikan dua bahan alami itu pada kulit wajah dan leher. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut satu hingga dua kali dalam satu minggu.

Susu

Tahukah Anda bahwa susu dapat digunakan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak? Asam laktat dalam susu berfungsi sebagai pelembab dan menjaga skin barrier kulit supaya tetap kuat. Caranya, campur beberapa tetes jeruk nipis dalam segelas susu. Aplikasikan pada wajah selama 10 menit lalu bilas.

Baca Juga: Catat 4 rekomendasi skincare ini, penghilang millia di area mata

Stroberi

Stroberi dapat digunakan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak.

Stroberi termasuk salah satu bahan alami yang cukup efektif digunakan untuk melembabkan kulit berminyak. Selain itu, stroberi juga dipenuhi dengan banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang dapat menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Anda perlu menghaluskan dua hingga tiga buah stroberi terlebih dahulu. Tambahkan 1-2 sdt madu dalam buah stroberi itu sampai berbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit wajah dan leher selama 10 menit lalu bersihkan dengan air. Supaya hasilnya maksimal, gunakan masker itu dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan komedo secara alami yang mudah dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru