Efektif, coba 5 masker rambut dari bahan alami ini, yuk

Rabu, 15 September 2021 | 09:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, coba 5 masker rambut dari bahan alami ini, yuk

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami di sekitar Anda dapat digunakan sebagai masker rambut./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain memakai masker rambut yang dijual dengan harga mahal di pasaran, Anda bisa menggantinya dengan bahan-bahan alami, lo. Nutrisi yang terkandung dalam bahan alami efektif mengatasi berbagai macam masalah rambut.

Pertama, Anda bisa menggunakan lemon dan putih telur. Kombinasi bahan alami itu efektif membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai macam kotoran. Apalagi jika Anda pemilik tipe rambut berminyak yang mana kotoran lebih mudah menumpuk.

Tidak berhenti sampai di situ, protein dalam putih telur dapat menguatkan rambut. Di sisi lain lemon bertugas untuk menyeimbangkan pH kulit kepala. Artinya, rambut rontok bisa berkurang dan rambut tumbuh lebih sehat.

Selain mengombinasikan putih telur dan lemon, masih banyak bahan alami lain yang direkomendasikan Byrdie (byrdie.com). Meski mudah dicoba, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Anda bisa melanjutkan pemakaian apabila tak ada reaksi alergi yang muncul.

Baca Juga: Minyak zaitun untuk rambut bisa berikan 4 manfaat ini

Minyak Kelapa dan Brown Sugar

Ketombe merupakan salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Jika terus dibiarkan, ketombe bisa membuat kulit kepala infeksi dan mengganggu pertumbuhan rambut. Anda hanya perlu memakai campuran 2 sdm brown sugar dan 1 sdm minyak kelapa setelah mandi lalu bersihkan dengan kondisioner.

Yogurt dan Minyak Zaitun

Masker rambut yang terbuat dari yogurt dan minyak zaitun cocok digunakan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Asam laktat dari bahan alami itu efektif melembabkan rambut. Selain itu, yogurt dan minyak zaitun juga efektif membersihkan sel kulit mati sehingga pertumbuhan rambut lebih optimal.

Alpukat dan Minyak Zaitun

Apakah Anda memiliki rambut bercabang? Jika iya, cobalah untuk mengatasinya dengan masker yang terbuatd ari alpukat dan minyak zaitun. Protein, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam alupkat efektif melindungi kutikula rambut dari kerusakan.

Nah, minyak zaitun berguna untuk membuat rambut terlihat lebih berkilau dan lembut. Caranya, campur ½ alupkat yang telah dihaluskan dengan ½ gelas minyak zaitun. Aduk rata lalu aplikasikan pada rambut. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: Cari masker rambut alami? Coba pakai 8 bahan ini, yuk

Madu dan Susu

Madu, susu, dan bahan-bahan yang lain bisa Anda olah menjadi masker rambut.

Madu dan susu tak boleh Anda lewatkan sebagai bahan dasar masker rambut. Pertama, campur satu gelas susu dengan 1 sdm madu lalu masukkan ke botol. Semprotakan campuran itu pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Diamkan selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kuning Telur

Masker yang terbuat dari kuning telur mampu menyehatkan pertumbuhan rambut secara optimal. Anda hanya perlu mengoleskan kuning telur ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 60 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih.

Selanjutnya: Masker untuk kulit kering bisa dari 5 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru