Masker untuk kulit kering bisa dari 5 bahan alami ini

Jumat, 03 September 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Masker untuk kulit kering bisa dari 5 bahan alami ini

ILUSTRASI. Tak ada salahnya memanfaatkan bahan alami sebagai masker untuk kulit kering.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, kulit Anda memproduksi minyak alami untuk menjaga kelembaban kulit. Sayangnya, ada beberapa kasus di mana kulit tak memproduksi cukup minyak. Untuk menghindari masalah yang lebih parah, tak ada salahnya untuk mencoba masker untuk kulit kering.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Pertama, Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Melansir Everyday Health (everydayhealth.com), kandungan dalam lidah buaya berguna sebagai pelembab alami.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya bisa mengunci kelembaban yang dimiliki kulit. Jadi, tak ada salahnya untuk rutin memakai gel lidah buaya. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya.

Memakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran juga bisa dijadikan pilihan. Namun, pastikan untuk memakai gel lidah buaya tanpa ditambah dengan bahan kimia yang berlebihan, ya. Tidak hanya menggunakan lidah buaya, cobalah untuk memakai bahan alami lain.

Baca Juga: Minyak zaitun untuk rambut bisa berikan 4 manfaat ini

Oatmeal

Masker alami untuk kulit kering bisa Anda buat dari oatmeal, lo. Cobalah untuk berendam di air hangat yang dicampur dengan oatmeal. Dengan begitu, kelembaban kulit dapat kembali. Masalah kulit yang lain pun dapat sembuh.

Susu

Tahukah Anda bahwa susu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering dan iritasi. Manfaat itu datang dari kandungan antiinflamasi dalam susu. Selain itu, asam laktat yang terkandung di dalamnya efektif membersihkan sel kulit mati yang menghambat kelembaban kulit.

Pertama, celupkan handuk basa dalam susu dingin lalu gunakan handuk itu sebagai kompres di bagian kulit yang kering. Diamkan selama lima hingga 10 menit dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

Baca Juga: Kaya manfaat, inilah 4 cara membuat masker oatmeal

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa dijadikan masker untuk kulit kering.

Masker untuk kulit kering berikutnya yang layak untuk Anda gunakan adalah minyak kelapa. Terlebih di bagian kulit yang lebih kering, seperti tumit dan tangan. Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit tiap sebelum tidur. Untuk memaksimalkan hasilnya, cobalah untuk menutupnya dengan kaus kaki.

Minyak Zaitun dan Gula

Cara mengatasi kulit wajah kering bisa Anda lakukan dengan minyak zaitun dan gula. Campur ½ gelas gula dan 2 sdm minyak zaitun lalu aduk sampai rata. Gosokkan masker untuk kulit kering itu pada kulit secara perlahan. Setelah dibilas, jangan lupa untuk memakai pelembab yang biasa Anda pakai, ya.

Selanjutnya: 4 Masker lidah buaya ini bisa atasi banyak masalah kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru