Kaya manfaat, inilah 4 cara membuat masker oatmeal

Senin, 23 Agustus 2021 | 08:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kaya manfaat, inilah 4 cara membuat masker oatmeal

ILUSTRASI. Masker oatmeal berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain memiliki rasa yang lezat, oatmeal juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit, lo. Masker oatmeal bisa Anda buat dengan bahan-bahan alami yang lain untuk mengobati kulit iritasi, kulit kering, dan masalah kulit yang lain.

Bukan tanpa alasan, oatmeal mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan kulit. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, dan lain sebagainya. Kandungan dalam oatmeal juga mampu menyerap minyak berlebih di kulit sehingga risiko jerawat dapat Anda hindari.

Supaya hasilnya bisa maksimal, cobalah untuk menggunakan oatmeal secara rutin. Namun, pastikan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Apabila muncul reaksi alergi atau masalah kulit semakin parah, segera hentikan pemakaian.

Jika kulit tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian beberapa bahan alami ini. Byrdie (byrdie.com) merekomendasikan Anda untuk mencampur oatmeal dengan baking soda, telur, lemon, madu, dan bahan-bahan alami yang lain.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bruntusan, coba di rumah, yuk

Oatmeal dan Baking Soda

Oatmeal yang dicampur dengan baking soda bisa jadi salah satu cara mengobati jerawat, lo. Campuran bahan tersebut bisa menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Caranya pun sangat mudah.

Pertama, campur 2 sdm oatmeal yang telah dihaluskan dengan 1 sdt baking soda dan sedikit air. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan masker oatmeal itu pada kulit yang telah dibersihkan. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Oatmeal, Telur, Lemon, dan Apel

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, cobalah untuk memakai masker yang terbuat dari ½ gelas oatmeal yang sudah dimasak dan satu telur. Jangan lupa untuk menambahkan 1 sdm air lemon dan ½ apel yang telah dihaluskan. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Oatmeal, Telur, Minyak Almond

Masker oatmeal bisa Anda buat dengan campuran telur dan minyak almond.

Mengutip dari Byrdie, kombinasi oatmeal, telur, dan minyak almond cocok digunakan untuk mengatasi kulit kering dan mencegah tanda-tanda penuaan. Caranya, campur ½ gelas oatmeal yang sudah dimasak, satu telur, dan 1 sdm minyak almond. Aduk rata dan aplikasikan di kulit selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Pakai 6 bahan ini sebagai cara mengecilkan pori-pori

Oatmeal, Yogurt, Madu

Masker oatmeal juga dapat Anda kombinasikan dengan yogurt dan madu. Bahan-bahan alami itu bisa dipakai untuk pemilik tipe kulit kombinasi. Supaya hasilnya bisa maksimal, cobalah untuk memakai yogrt plain, ya.

Pertama, campur ¼ gelas oatmeal yang telah dimasak dengan 2 sdm yogurt plain dan 1 sdm madu. Aduk bahan-bahan itu hingga rata kemudian oleskan pada kulit. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

Selanjutnya: Tak Harus Mahal, Scrub Wajah Bisa Dibuat Sendiri dengan Bahan Rumahan Ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru