4 Cara menghilangkan bruntusan, coba di rumah, yuk

Rabu, 21 Juli 2021 | 12:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bruntusan, coba di rumah, yuk

ILUSTRASI. Madu dan bahan alami lain bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bruntusan adalah salah satu jenis jerawat yang bisa Anda alami. Biasanya, masalah kulit itu muncul di bagian kening. Namun, tak menutup kemungkinan bruntusan juga muncul di bagian kulit yang lain. Cara menghilangkan bruntusan pun perlu segar Anda coba.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang di sekitar Anda. Meski demikian, jika bahan-bahan alami ini tak mampu mengatasi bruntusan secara keseluruhan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Selain menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini, penting pula bagi Anda untuk menjaga kebersihan kulit. Usahakan untuk mencuci wajah sebelum tidur atau sesudah melakukan aktivitas. Dengan begitu, bruntusan bisa hilang dengan lebih cepat.

Madu

Melansir Pharmeasy (pharmeasy.in), madu dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan. Kandungan dalam bahan alami tersebut efektif menyerap kotoran sehingga pori-pori tersumbat bisa tetap bersih.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Setelah itu, aplikasikan madu pada kulit. Diamkan dulu selama satu jam atau sampai madu kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan jerawat secara alami, coba yuk

Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya yang baik untuk kesehatan kulit wajah adalah lidah buaya. Selain mengatasi inflamasi kulit akibat bruntusan, lidah buaya juga efektif melawan infeksi bakteri. Anda hanya perlu menggunakan gel lidah buaya pada kulit secara rutin.

Daun Mint, Yogurt, dan Oatmeal

Cara menghilangkan bruntusan berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan daun mint. Sama seperti bahan-bahan alami yang telah disebutkan, daun mint bisa membersihkan pori-pori kulit dan mencegah infeksi bakteri.

Untuk memaksimal manfaat, campur 2 sdm daun mint yang sudah dipotong dengan 2 sdm yogurt dan oatmeal. Aduk sampai rata kemudian aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Efektif, inilah 5 masker untuk jerawat dari bahan alami

Lemon dan Air Mawar

Salah satu cara menghilangkan bruntusan adalah memakai lemon dan air mawar.

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Pharmeasy untuk mengatasi bruntusan adalah lemon. Nutrisi yang terkandung dalam lemon mampu membersihkan sel kulit mati dan mengecilkan ukuran pori-pori. Dengan begitu, kemunculan bruntusan dapat berkurang.

Pertama, campur air perasan setengah lemon dan beberapa tetes air mawar dalam satu wadah. Aduk rata lalu aplikasikan campuran itu pada bagian kulit yang bruntusan. Selain mengatasi masalah kulit itu, kombinasi lemon dan air mawar mampu mencerahkan warna kulit.

Selanjutnya: Pakai 6 bahan ini sebagai cara mengecilkan pori-pori

Editor: Belladina Biananda
Terbaru