kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan jerawat secara alami, coba yuk


Kamis, 01 Juli 2021 / 20:35 WIB
4 Cara menghilangkan jerawat secara alami, coba yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak orang yang memiliki masalah kulit berupa jerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda coba.

Selain mengobati jerawat, kandungan dalam bahan alami juga mampu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Jerawat muncul akibat pori-pori kulit yang tersumbat dan terinfeksi bakteri.

Nah, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kemunculan jerawat. Mulai dari gen, perubahan hormon, stres, makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, hingga infeksi.

Cobalah untuk memakai bahan-bahan alami secara rutin agar jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat. Namun, pastikan untuk konsultasi dengan dokter dan melakukan uji coba dulu, ya.

Jika tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Madu dan kayu manis

Melansir Healthline, madu dan kayu manis bisa dikombinasikan untuk menyembuhkan jerawat. Dua bahan alami itu mampu meredakan peradangan dan melawan infeksi bakteri.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama-tama, campur 2 sdm madu dan 1 sdt kayu manis lalu aduk hingga rata.

Aplikasikan campuran itu pada wajah yang sudah dibersihkan lalu diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air lalu keringkan wajah dengan handuk bersih.

Baca Juga: 5 Bahan yang bisa Anda jadikan cara menghilangkan bruntusan

Teh hijau

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teh hijau. Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan.

Caranya, rebus teh hijau dalam air selama 3-4 menit. Setelah itu, diamkan dulu hingga teh hijau tak terlalu panas.

Aplikasikan teh hijau itu pada kulit menggunakan kapas. Diamkan dulu selama beberapa saat sebelum Anda membilasnya dengan air.

Lidah buaya

Healthline merekomendasikan lidah buaya sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit sebanyak dua kali dalam sehari.

Dengan pemakaian rutin, kemunculan jerawat dapat berkurang.

Baca Juga: 5 Manfaat air mawar, bisa dijadikan obat jerawat, lo

Cuka apel

Cuka apel dapat Anda pakai sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cuka apel juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan jerawat, lo. Sama seperti bahan lain, cuka apel mampu melawan bakteri dan meredakan peradangan.

Anda perlu mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3 terlebih dahulu. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan campuran itu pada kulit menggunakan kapas.

Tapi, Anda perlu mendiamkannya dulu selama 5-20 detik sebelum membilasnya dengan air. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk menggunakannya sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: Bisa jadi cara menghilangkan bruntusan, pakai 5 bahan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×