kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Ini 10 Makanan yang Dihindari saat Hidung Tersumbat, Ada Tomat hingga Susu


Jumat, 08 September 2023 / 09:31 WIB
Ini 10 Makanan yang Dihindari saat Hidung Tersumbat, Ada Tomat hingga Susu
ILUSTRASI. Ini 10 Makanan yang Dihindari Saat Hidung Tersumbat, Ada Tomat hingga Susu


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak makanan yang dihindari saat hidung tersumbat. Kondisi pernafasan yang tidak nyaman dapat mengganggu aktivitas salah satunya seperti gejala hidung yang mampet.

Hidung tersumbat tanpa gejala pilek atau aliran lendir berlebihan biasanya dapat disebut sebagai "hidung tersumbat non-alergi" atau "hidung tersumbat idiopatik."

Kondisi ini terjadi saat hidung Anda merasa tersumbat atau sesak tanpa adanya alergi atau infeksi yang jelas.

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan hidung tersembut seperti kondisi mental hingga bawaan seperti polip hidung.

Baca Juga: Selain Pahit, Ini 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Hidung tersumbat

Untuk itu, kenali lebih dekat apa saja penyebab hidung tersumbat berikut ini.

Penyebab hidung tersumbat

Beberapa faktor atau penyebab yang mungkin terkait dengan hidung tersumbat non-alergi meliputi:

  • Rhinovasomotor Rhinitis: Ini adalah jenis rhinitis non-alergi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat sebagai respons terhadap perubahan suhu, udara kering, asap rokok, polusi udara, atau bau-bauan tertentu. Reaksi ini disebabkan oleh gangguan sistem saraf otonom.
  • Vasomotor Rhinitis: Ini adalah istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan hidung tersumbat non-alergi yang disebabkan oleh perubahan dalam pembuluh darah di dalam hidung. Faktor-faktor seperti makanan tertentu, alkohol, dan perubahan suhu dapat memicu kondisi ini.
  • Stress dan Kecemasan: Kondisi emosional seperti stres dan kecemasan dapat memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan hidung tersumbat atau sesak sebagai respons terhadap perubahan hormon dan perubahan dalam pola pernapasan.
  • Reaktivitas Hidung: Beberapa orang mungkin memiliki hidung yang lebih reaktif terhadap iritasi tertentu, seperti parfum, debu, atau bau-bauan lainnya, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.
  • Sindrom Obstruksi Nasal: Ini adalah kondisi di mana ada hambatan fisik di dalam hidung yang menyebabkan penyumbatan, seperti polip hidung atau deviasi septum hidung.
  • Paparan Allergen Tersembunyi: Meskipun Anda mungkin tidak mengalami gejala alergi yang klasik seperti pilek, tetapi mungkin masih terpapar alergen yang dapat menyebabkan hidung tersumbat tanpa Anda sadari.

Kondisi ini juga kerap dikaitkan dengan penyakit sinusitis. Perlu diingat bahwa hidung tersumbat bisa menjadi gejala sinusitis jika disertai dengan gejala-gejala lain seperti nyeri sinus, sakit kepala, dan lendir berwarna.

Namun, hidung tersumbat itu sendiri tidak selalu merupakan tanda sinusitis, karena bisa disebabkan oleh berbagai kondisi lain.

Lebih jelasnya, Anda bisa memilah makanan pantangan ini untuk mengurangi gejala dari hidung tersumbat.

Simak daftar makanan yang dihindari saat hidung tersumbat dilansir dari Pristyncare.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Senam Yoga, Jangan Lupa Jauhi Penyebab Perut Buncit Ini

Makanan yang dihindari saat hidung tersumbat

Berikut daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari saat mengalami hidung tersumbat.

1. Gula Olahan

Makanan pertama adalah makanan ringan dengan gula olahran seperti kue kering, coklat batangan, soda dan jus buah berlabel fruktosa atau sukrosa. Ini akan memicu beberapa alergen yang menyerang saraf termasuk pada bagian pernafasan.

2. Makanan berlemak

Makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi seperti pizza, keju, produk daging, hidangan pasta, produk susu berlemak penuh. Nah, makanan berbahan dasar biji-bijian dapat memicu peradangan adiposa, atau jaringan lemak.

3. Makanan dengan micin

Makanan yang mengandung micin atau monosodium Glutamat juga wajib Anda hindari saat hidung tersumbat terjadi. Ini biasa ditemukan dalam campuran sup kalengan/olahan, saus salad, makanan Asia, kecap, dan daging deli.

4. Asam lemak Omega-6

Ingatlah untuk mengonsumsi asam lemak Omega yang tepat. Hindari asam lemak Omega-6. Ingatlah untuk mengonsumsi asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam minyak seperti jagung, safflower, bunga matahari, biji anggur, kedelai, kacang tanah, dan sayuran.

5. Gluten dan Kasein

Batasi makan makanan yang memiliki kandungan gluten dan kasein tinggi. Gluten dan Kasein yang ditemukan dalam makanan seperti gandum, gandum hitam, barley, dan produk susu

6. Karbohidrat Halus

Karbohidrat olahan, seperti kentang tumbuk instan, dan produk olahan tepung putih, serta sereal, bisa menjadi penyebab peradangan Anda.

7. Anggur dan Alkohol

Alkohol dapat memperburuk hidung tersumbat karena memicu peradangan dan dehidrasi. Apalagi juga mengandung senyawa yang menyebabkan pembengkakan pada jaringan hidung.

Oleh karena itu, batasi konsumsi produk beralkohol saat Anda mengalami kondisi hidung tersumbat.

8. Produk susu

Susu dan produk susu lainnya mengentalkan lendir yang ada di sinus. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi susu murni untuk mencegah lendir mengental.

9. Tomat

Karena kandungan keasamannya yang tinggi dapat meningkatkan kadar histamin dalam tubuh dan menimbulkan reaksi alergi. Hal ini selanjutnya dapat memicu peradangan pada sinus. Oleh karena itu, hindari tomat dalam makanan.

10. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein tersebut dapat terakumulasi sebagai lendir di dalam tubuh dan memperburuk rasa tidak nyaman dari hidung tersumbat.

Apabila Anda mengalami hidung tersumbat yang berkepanjangan atau mengganggu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mendapatkan evaluasi dan diagnosis yang tepat. 

Demikian informasi terkait daftar makanan yang dihindari saat hidung tersumbat atau pantangan bagi penderitanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×