kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengecilkan Perut dengan Senam Yoga, Jangan Lupa Jauhi Penyebab Perut Buncit Ini


Jumat, 08 September 2023 / 05:00 WIB
Cara Mengecilkan Perut dengan Senam Yoga, Jangan Lupa Jauhi Penyebab Perut Buncit Ini


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengecilkan Perut - Jakarta. Simak cara mengecilkan perut dengan sejumlah gerakan senam yoga. Kenali juga apa saja penyebab perut buncit.

Olahraga adalah salah satu cara efektif untuk mengecilkan perut. Salah satu olahraga untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan senam yoga. 

Merujuk website resmi Kementerian Kesehatan perut buncit terjadi ketika lingkar perut melebihi batas aman, yakni: pria: 80 cm, dan wanita: 90 cm. Umumnya, perut buncit disebabkan oleh timbunan lemak visceral.

Lalu, bagaimana cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga?

Cara mengecilkan perut

Dilansir dari Kompas.com, berikut sejumlah cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga

  • Surya Namaskar

Cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga yang pertama adalah dengan gerakan Surya Namaskar. Latihan ini memiliki beragam manfaat kesehatan yang signifikan. Selain membantu menurunkan berat badan, Surya Namaskar juga dapat memperkuat otot dan persendian, meningkatkan fungsi sistem pencernaan, mengatasi masalah insomnia, serta menjaga siklus menstruasi yang sehat dan teratur.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah, Lakukan 8 Olahraga Berikut

Ini hanya beberapa dari banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan Surya Namaskar secara rutin setiap hari. Dengan konsistensi dalam latihan ini, kita dapat merasakan perubahan positif tidak hanya pada lemak perut, tetapi juga dalam berbagai aspek kesehatan lainnya.

  • Bhujangasana

Cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga yang kedua adalah dengan gerakan Bhujangasana. Gerakan ini juga dikenal sebagai pose kobra. Bhujangasana ini merupakan latihan yoga yang bermanfaat dalam mengurangi lemak perut dan membawa sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Gerakan ini membantu meregangkan otot-otot di daerah dada, bahu, dan perut. Selain meningkatkan fleksibilitas tubuh, Bhujangasana juga memberi manfaat pada kesehatan jantung dengan memberikan efek peremajaan, serta mengurangi kekakuan pada bagian bawah punggung.

Seiring berjalannya waktu dan dengan konsistensi dalam latihan ini, Bhujangasana akan membantu kita mencapai penurunan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

  • Dhanurasana

Cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga yang ketiga adalah dengan gerakan Dhanurasana. Dhanurasana atau yang lebih dikenal sebagai pose busur adalah gerakan yoga komprehensif yang membantu memperkuat otot punggung dan perut.

Manfaat kesehatannya meliputi peningkatan sirkulasi darah, perbaikan postur tubuh dengan meratakan punggung yang bungkuk, serta kemampuan untuk mengelola diabetes, gangguan pencernaan, dan masalah kesehatan pada dada.

  • Shalabhasana

Cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga yang keempat adalah dengan gerakan Shalabhasana. Gerakan ini biasa dikenal juga dengan sebutan pose belalang. Shalabhasana ini merupakan latihan yoga yang patut dicoba jika kita ingin meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan tubuh, serta membantu mengurangi lemak perut.

Shalabhasana ini fokus pada pengembangan tulang belakang secara intensif, sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan di area punggung dan memperkuat bagian bawah punggung, organ panggul, sendi pinggul, kaki, dan lengan.

  • Paschimottanasana

Cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga yang kelima adalah dengan gerakan Paschimottanasana. Dalam latihan ini, seluruh bagian tubuh dari kepala hingga tumit, termasuk tulang belakang, mengalami peregangan. Ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan pergerakan tulang belakang secara keseluruhan, yang pada akhirnya akan membantu dalam mencapai penurunan berat badan yang pada akhirnya akan megecilkan perut buncitmu.

  • Ustrasana

Cara mengecilkan perut buncit dengan senam yoga yang keenam adalah dengan gerakan Ustrasana. Salah satu pose yang paling umum dalam yoga, yaitu pose Ustrasana. Gerakan ini membantu menguatkan otot dada, perut, dan paha bagian depan, serta mengencangkan otot bokong dan paha bagian belakang.

Selain itu, pose ini juga membantu mengurangi ketegangan pada leher, sekaligus meregangkan leher saat tubuh membungkuk. Semua gerakan ini bukan hanya latihan yoga untuk mengecilkan perut buncit semata.

Apa penyebab perut buncit?

Perut buncit bukan hanya karena terlalu banyak makan. Sejumlah kebiasaan buruk bisa menjadi penyebab perut buncit. Namun tenang, lakukan olahraga atau workout mengecilkan perut buncit berikut jika sudah tidak nyaman dengan kondisi perut.

Perut buncit adalah masalah yang banyak dialami orang dewasa belakangan ini. Masalah perut buncit tidak hanya terjadi pada pria, tapi juga wanita.

Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit? Apa olahraga atau workout yang tepat untuk mengecilkan perut buncit?

Sebelum mengetahui cara mengecilkan perut buncit, Anda wajib tahu apa saja penyebab perut buncit.

Penyebab perut buncit bukan hanya karena porsi makan yang besar. Ada sejumlah kebiasaan buruk yang ternyata bisa menjadi penyebab perut buncit.

Baca Juga: 7 Penyebab Perut Buncit Ini Wajib Anda Waspadai, Apa Saja?

Kebiasaan penyebab perut buncit

Diberitakan Kompas.com, Eat This Not That menyatakan ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa menjadi penyebab perut buncit:

1. Minum susu

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit pertama adalah minum susu. Beberapa orang sering minum susu sebelum tidur karena kandungan triptofan, asam amino yang bisa membantu tubuh rileks. Kendati demikian, konsumsi segelas susu di malam hari ternyata bisa menambah kalori ekstra di pinggang Anda.

The Nutrition Twins memperingatkan, kebiasaan minum susu di malam hari secara rutin bisa menambah berat badan sebanyak 12 pon. Penambahan berat badan itu sering kali muncul di area perut.

2. Minum kafein

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit kedua adalah minum kafein. Penelitian Journal of Clinical Sleep Medicine menyimpulkan, konsumsi minuman kafein enam jam sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur dan penambahan berat badan.

Harvard Publishing melaporkan, kekurangan tidur berkaitan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin yang meningkatkan rasa lapar. Dikutip dari Daily Mail, salah satu efek samping yang tidak disadari dari minum kopi adalah penambahan berat badan, terutama lemak perut.

Minum kopi bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol dikenal sebagai hormon stres. Di malam hari, kadar kortisol dalam tubuh lebih rendah daripada pagi hari. Namun, jika mengonsumsi minuman berkafein, kortisol bakal meningkat dan memicu rasa stres sehingga berakibat pada kenaikan berat badan.

3. Scrolling media sosial

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit ketiga adalah scrolling media sosial. Bermain media sosial di malam hari ternyata bisa memicu timbunan lemak di perut.

Cahaya yang dipantulkan dari ponsel atau komputer mampu menekan melatonin dan mengganggu ritme sirkadian yang akhirnya merusak jam tidur. Ketika rasa kantuk itu menghilang, otak menginginkan energi yang diperoleh dari konsumsi gula. Akibatnya, Anda akan cenderung mencari makanan manis untuk memenuhi hasrat tersebut.

4. Begadang

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit keempat adalah begadang. Dilansir dari Healthline, orang dewasa membutuhkan tidur selama 6-7 jam dalam sehari. Penelitian jurnal JAMA Internal Medicine menyebut, kurang tidur berkaitan dengan penambahan berat badan.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa begadang bisa meningkatkan konsumsi kalori dan pola makan yang buruk. Menurut Sleep Stasion, kurang tidur selama 10 hari dapat menyebabkan penambahan satu pon berat badan.

5. Makan menjelang tidur

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit kelima adalah makan menjelang tidur. Kebiasaan makan menjelang tidur juga bisa meningkatkan penambahan berat badan, terutama di area perut. Makan menjelang tidur mengakibatkan usus berfokus mencerna makanan.

Di sisi lain, kalori yang dikonsumsi menjelang tidur tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga berakhir pada penimbunan lemak, termasuk di sekitar perut. Idealnya, Anda sebaiknya makan paling lambat 3 jam sebelum tidur.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut dengan gerakan senam yoga. Untuk membantu mengecilkan perut, jauhi hal-hal penyebab perut buncit di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×