kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingus berdarah? Yuk, kenali arti warna ingus yang Anda keluarkan


Senin, 28 Desember 2020 / 12:35 WIB
Ingus berdarah? Yuk, kenali arti warna ingus yang Anda keluarkan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ingus merupakan cairan yang umum diproduksi dalam tubuh. Namun, beberapa orang mengeluarkan ingus dalam jumlah yang lebih banyak, bahkan tak sedikit orang yang mengeluarkan ingus berdarah. Hal itu menunjukkan bahwa ada kondisi kesehatan tertentu yang sedang Anda alami.

Mengutip dari Self (self.com), ingus terbentuk dari air, protein, garam, dan antibodi. Saat tubuh berusaha mengeluarkan alergi atau benda asing yang membuat tubuh iritasi, produksi ingus menjadi lebih banyak dari batas normal.

Beberapa faktor yang meningkatkan produksi ingus adalah polusi, jenis aroma tertentu, asap rokok, dan alergen. Biasanya, ingus yang keluar karena kondisi kesehatan tertentu ditunjukkan dengan gejala lain, seperti demam, batuk, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu memerhatikan warna ingus yang keluar. Dengan mengetahui arti dari warna ingus, Anda menjadi lebih waspada sehingga bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Pengentalan darah bisa terjadi di 5 bagian tubuh ini

Keruh Tak Berwarna

Ingus yang keruh dan tak berwarna menunjukkan bahwa Anda mengalami alergi kronis. Tubuh akan merasa tak nyaman karena produksi ingus meningkat dan lendir yang kental menyumbat pernapasan Anda. Selain itu, Self mengatakan bahwa dehidrasi juga bisa jadi penyebabnya.

Kuning dan Hijau

Infeksi umunya ditandai dengan ingus yang berwarna kuning dan hijau. Hal itu terjadi karena respons sistem imun dan aliran darah meningkat ke area tubuh yang mengalami inflamasi akibat infeksi. Sel-sel yang melawan infeksi itulah yang menyebabkan ingus berwarna kuning dan hijau.

Merah dan Cokelat

Ingus berdarah menyebabkan lendir berwarna merah dan cokelat. Trauma atau iritasi di sepanjang dinding hidung bagian dalam menyebabkan pembuluh darah pecah. Selain disebabkan sakit, meniup hidung terlalu keras dan terlalu sering jadi penyebab ingus berdarah.

Baca Juga: 5 Penyebab batuk beradarah ini perlu Anda waspadai

Udara yang kering menyebabkan pembuluh darah rentan pecah. Tak hanya itu, darah yang terlalu lama mengendap di hidung dan masuknya kotoran juga bisa menyebabkan ingus berwarna merah dan cokelat. Jika Anda sering mengalami hal itu, segera periksakan diri ke dokter.

Hitam

Anda perlu berhati-hati jika ingus yang Anda keluarkan berwarna hitam. Hal itu menunjukkan bahwa Anda terlalu banyak merokok atau terdapat infeksi jamur. Meski demikian, hal ini jarang terjadi dan biasa dialami oleh seseorang dengan kondisi sistem imun tertentu.

Selanjutnya: Ragam manfaat sirih merah, bisa untuk obati luka bakar ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×