Kesehatan Umum

Ragam manfaat sirih merah, bisa untuk obati luka bakar ringan

Jumat, 20 November 2020 | 17:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ragam manfaat sirih merah, bisa untuk obati luka bakar ringan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun sirih merah merupakan salah satu bahan alami yang diketahui efektif mengatasi mimisan. Namun, manfaat sirih merah tak hanya itu, lo. Banyaknya kandungan nutrisi dalam sirih merah membuat bahan alami ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang lain.

Luka Bakar Ringan

Mengutip dari Drhealthbenefits.com, sirih merah mampu mengatasi luka bakar ringan karena adanya kandungan antioksidan, vitamin C, dan alkaloid. Kandungan-kandungan itu mampu mengatasi inflamasi yang terjadi saat kulit terbakar.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, tumbuk tiga hingga lima daun sirih merah lalu campur dengan 2 sdt madu. Gunakan campuran itu pada luka bakar sebanyak dua kali dalam sehari.

Mata Merah

Daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati mata merah karena iritasi. Kemampuan itu berasal dari alkaloid yang berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Pertama, Anda perlu menyiapkan 20 helain daun sirih merah terlebih dahulu.

Baca Juga: Air rebusan daun sirih merah efektif mengobati diabetes, benarkah?

Rebus daun sirih merah yang telah disiapkan hingga mendidih lalu saring. Setelah itu, celupkan kain dalam air rebusan daun sirih merah yang telah disaring. Pakai kain tersebut sebagai kompres mata. Anda juga bisa menggunakan air rebusan secara langsung untuk mencuci mata selama 10 menit.

Gusi Berdarah

Selain mengobati mimisan, manfaat sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati gusi yang berdarah. Masalah itu akan diatasi oleh beberapa kandungan dalam sirih merah. Mulai dari saponin, kalsium, tannin, dan potasium.

Pertama, siapkan 10 helain daun sirih merah lalu rebus daun tersebut. Setelah mendidih, saring air dan diamkan beberapa saat hingga dingin. Gunakan air rebusan itu untuk berkumur sehingga gusi berdarah bisa sembuh. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Ini manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal yang jarang diketahui

Obat Batuk

Salah satu manfaat sirih merah adalah mengobati batuk yang Anda alami.

Drhealthbenefits.com mengatakan bahwa daun sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk. Caranya, rebus lima helai daun sirih merah dalam 300 ml air hingga mendidih. Minum air rebusan itu dua kali sehari. Vitamin B, alkaloid, dan vitamin C akan meredakan batuk yang Anda alami.

Bau Mulut Tak Sedap

Tahukah Anda bahwa daun sirih merah juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap? Senyawa kapitol dan eugenol mampu mencegah bau mulut tak sedap. Anda hanya perlu berkumur dengan air rebusan daun sirih merah di pagi dan malam hari.

Selanjutnya: Ini khasiat daun sirih merah sebagai obat herbal

Editor: Belladina Biananda


Terbaru