Kecantikan & Kebugaran

Ingin punya kulit cerah? Coba buah yang bagus untuk kulit ini, yuk

Jumat, 11 Desember 2020 | 08:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin punya kulit cerah? Coba buah yang bagus untuk kulit ini, yuk

ILUSTRASI. Jeruk adalah salah satu buah yang bagus untuk kulit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki kulit yang terlihat cerah dan terawat adalah impian banyak orang. Jika Anda menginginkan hal yang sama, cobalah untuk menggunakan buah yang bagus untuk kulit berikut. Mulai dari jeruk, pepaya, dan lemon.

Jeruk

Jeruk mengandung minyak alami yang bisa menghidrasi kulit dengan baik. Selain itu, jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit terasa lebih halus dan lembut. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. 

Artinya, tanda-tanda penuaan dini bisa dicegah jika Anda menggunakan jeruk secara rutin. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari dengan cara memakannya langsung atau mengolahnya dulu menjadi jus buah dan salad.

Bagi pemilik kulit kering, jeruk juga bisa dipakai dalam bentuk masker. Pertama, campurkan 3 sdm air jeruk, 1 sdt air lemon, ½ sdt susu, sejumput kunyit, dan 1 sdt madu. Gunakan campuran itu pada kulit dan diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Coba 5 buah untuk diet ini yuk, awet bikin kenyang!

Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang bagus untuk kulit.

Buah yang bagus untuk kulit selanjutnya yang bisa Anda coba adalah pepaya. Skin Kraft (skinkraft.com) mengatakan bahwa pepaya mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan pelembab alami yang bisa menjaga kesehatan kulit.

Anda bisa mengonsumsi pepaya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker untuk mengurangi pigmentasi kulit. Caranya, remukkan beberapa potong pepaya lalu campurkan dengan air lemon dan sedikit kunyit. Aplikasikan campuran itu pada area kulit yang diinginkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Lemon

Sama seperti jeruk, lemon juga buah yang bagus untuk kulit. Tak hanya berguna untuk mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini, kandungan dalam lemon juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, bekas luka, dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga: 5 Buah untuk diet, bisa bakar lemak lebih cepat

Cobalah untuk minum air lemon yang dicampur dengan 1 sdt madu setiap pagi supaya manfaat-manfaat itu bisa Anda dapat. Selain itu, Anda juga bisa mencerahkan kulit dengan membuat masker lemon.

Caranya campurkan air perasan lemon dengan 1 sdt gula. Gosokkan campuran itu pada area kulit yang diinginkan. Jangan menggosok terlalu kuat supaya kulit Anda tidak dehidrasi dan iritasi. Setelah itu, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Selanjutnya: 10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru