Ingin membakar kalori lebih banyak tiap hari? Lakukan 8 cara berikut ini

Rabu, 10 November 2021 | 13:55 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin membakar kalori lebih banyak tiap hari? Lakukan 8 cara berikut ini

ILUSTRASI. Berat badan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda ingin membakar kalori lebih banyak agar berat badan cepat turun? Ini 8 cara yang efektif membakar kalori lebih banyak. 

Membakar kalori lebih banyak menjadi salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Bahan alami yang efektif mengontrol dan menurunkan asam urat

Mengutip dari WebMD, "Pada dasarnya, Anda tahu tidak ada cara untuk membakar lebih banyak kalori atau metabolisme selain bergerak lebih banyak," kata Barry M. Popkin, PhD, Direktur Program Obesitas Interdisipliner, Universitas of North Carolina, Chapel Hill/ 

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa cara lain untuk meningkatkan pembakaran kalori. 

Berikut 8 cara untuk membakar kalori lebih banyak dan mencegah munculnya timbunan lemak. 

1. Olahraga 

Christopher Wharton, PhD, seorang pelatih pribadi bersertifikat dan peneliti Rudd for Food Policy and Obesitu, Yale University mengatakan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk olahraga dan semakin kuat latihannya, semakin banyak kalori yang dibakar. 

Ahli Obesitas, George Bray, MD dan Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, La percaya bahwa jalan cepat setiap hari bisa membakar lebih banyak kalori. 

Jika Anda ingin memperpanjang efek pembakaran kalori tersebut bisa meningkatkan durasi olahraga. 

2. Pembentukan otot 

Anda sebaiknya tidak hanya melakukan kardio tapi juga membangun massa otot. 

Asal tahu saja, olaraga tersebut bisa membakar kalori lebih banyak. 

"Cara paling efektif untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori adalah dengan latihan aerobik dan latihan kekuatan, keduanya penting," kata Megan A. McCrory, PhD, peneliti dari Scholl of Nutrition and Exercise Science di Bastyr University. 

3. Konsumsi teh hijau dan teh hitam 

Teh hijau dan hitam mengandung kafein yang bisa meningkatkan pembakaran kalori. 

Selain itu, kafein juga menyebabkan perubahan metabolisme dalam tubuh yang bisa mengakibatkan lebih banyak kalori terbakar. 

"Penelitian yang lebih tua mengungkapkan konsumsi 250 mg kafein dengan makanan bisa meningkatkan pembakaran kalori sekitar 10%," kata Jamie Pope, MS, RD, LDN, Dosen Nutrisi, Vanderbilt University School of Nursing. 

Ekstrak teh bisa menganggu penyerapan karbohidrat tubuh ketika dikonsumsi dalam makanan yang sama menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi September 2006. 

4. Makan dalam porsi kecil 

Setiap Anda mengonsumsi makanan, saluran pencernaan bekerja untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. 

Tubuh membutuhkan kalori untuk menyalakan sistem pencernaan tersebut. jadi, masuk akan jika semakin banyakan makan dalam porsi kecil bisa lebih banyak membakar kalori. 

5. Tidak melewatkan sarapan 

Beberapa penelitian menunjukkan ketika seseorang melawatkan sarapan, mereka akan cenderung makan lebih banyak kalori di penghujung hari. 

Penelitian lainnya menyatakan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi pada remaja. 

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan sehat saat sarapan. 

6. Minum susu rendah lemak 

kalsium dari susu rendah lemak tidak secara khusus membantu membakar lebih banyak kalori, tapi mungkin bisa membantu mencegah pembentukan lemak tubuh. 

Penelitian Denmark yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan tubuh mungkin menyerap lebih sedikit kalori lemak dari makanan ketika Anda mengonsumsi kalsium dari produk susu rendah lemak. 

Penelitian lainnya menyebutkan konsumsi makanan yang kaya kalsium termasuk produk susu rendah lemak berhubungan dengan jumlah lemak perut yang lebih rendah, terutama pada pria dewasa. 

7. Minum air putih  

Minum sekitar 2 liter air putih bisa membantu membakar hampir 100 kalori ekstra sehari, menurut sebuah penelitian dari Jerman. 

8. Melakukan gerakan kecil 

Sebuah penelitian lama menyatakan melakukan gerakan kecil seperti menggerakkan kaki bisa menambah pembakaran kalori. 

Baca Juga: Bisa meredakan asam lambung, ini manfaat air kelapa untuk kesehatan

Selanjutnya: Awas! Ini 6 aktivitas yang bisa meningkatkan kadar gula darah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru