kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari, kebiasaan diet yang membahayakan kesehatan tubuh


Senin, 31 Mei 2021 / 06:18 WIB
Hindari, kebiasaan diet yang membahayakan kesehatan tubuh
ILUSTRASI. Hindari, kebiasaan diet yang membahayakan kesehatan tubuh


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diet menjadi cara yang dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Namun awas, bukannya bisa menurunkan berat badan, diet yang salah juga bisa membahayakan dan berakibat fatal bagi kesehatan.

Tidak ada yang salah untuk melakukan diet dengan mengonsumsi makanan yang sehat, menggerakkan tubuh, dan tidur cukup karena semuanya sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental. Namun, jika kita terus-menerus mendengar nasihat diet yang buruk langsung dari budaya diet toksik atau beracun, maka sulit untuk menguraikan mana yang benar-benar sehat dan mana yang tidak.

Meskipun membatasi makanan dan berolahraga tiga kali sehari tampak seperti "lambang kesehatan", pada kenyataannya kebiasaan diet ini bisa sangat merugikan tubuh kita. Jadi, sebelum melakukan perubahan kebiasaan apa pun dalam hidup, pastikan untuk mengetahui mana saja kebiasaan diet yang merusak kesehatan tubuh.

Nah, oleh sebab itu, simak delapan kebiasaan diet populer yang membahayakan kesehatan tubuh seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Tidak cukup makan

Diet yang tidak cukup makan bisa membahayakan kesehatan tubuh. Jika kita membatasi makanan setiap hari, kemungkinan kita tidak akan cukup makan untuk menopang tubuh dengan baik.

Ahli nutrisi Lisa Young, PhD, RDN mengungkapkan bahwa makan terlalu sedikit dapat memperlambat metabolisme. "Ini membuat kita lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Kita merasa terlalu dibatasi dan kemudian kita cenderung makan berlebihan," ujarnya.

Baca juga: Cara menurunkan berat badan & menghilangkan lemak perut pada usia 40 tahun ke atas

2. Berfokus pada makanan rendah kalori

Diet yang berfokus pada makanan rendah kalori juga membahayakan kesehatan tubuh. Terlalu fokus pada makanan rendah kalori biasanya justru akan meningkatkan keinginan pada makanan karbohidrat tinggi.

Menurut ahli nutrisi dari CollegeNutritionist.com, Rachel Paul PhD, RD, makanan tinggi karbohidrat tanpa lemak tidak akan membuat kita kenyang untuk waktu yang lama. Kita pun ingin selalu makan terus. "Saat menurunkan berat badan, penting untuk memilih makanan yang paling mengenyangkan seperti protein, lemak, karbohidrat, dan serat yang tinggi," terangnya.

Simak kebiasaan diet lain yang membahayakan kesehatan di halaman selanjutnya




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×