Hindari 6 makanan penyebab radang tenggorokan ini, yuk

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hindari 6 makanan penyebab radang tenggorokan ini, yuk

ILUSTRASI. Ada banyak makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu Anda hindari.

KONTAN.CO.ID - Inflamasi atau peradangan mengakibatkan Anda mengalami sakit tenggorokan. Agar tak bertambah parah, cobalah untuk menghindari makanan penyebab radang tenggorokan. Dengan begitu, sakit tenggorokan bisa sembuh lebih cepat.

Secara umum, sakit tenggorokan bisa sembuh sendiri dalam jangka waktu tiga hingga 10 hari. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat, yaitu dengan minum banyak air putih dan memanfaatkan bahan alami.

Jika hal itu telah Anda lakukan dan beberapa makanan di bawah ini sudah Anda hindari, tapi sakit tenggorokan terus Anda alami, segera periksa ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gorengan

Gorengan termasuk makanan penyebab radang tenggorokan yang sebaiknya Anda waspadai. Apalagi jika sistem imun tubuh Anda benar-benar turun. Selain gorengan yang biasa Anda temui, konsumsi kentang goreng atau makanan cepat saji yang lain pun perlu Anda batasi.

Baca Juga: 4 Cara membersihkan telinga pakai bahan-bahan alami

Kopi

LamanĀ Naturally Sassy menyebutkan, kafein dalam kopi dapat menimbulkan dehidrasi. Hal itulah yang membuat sakit tenggorokan terasa semakin parah. Selain itu, kopi juga bersifat diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil sehingga dehidrasi semakin buruk.

Yogurt

Yogurt termasuk makanan penyebab radang tenggorokan.

Bagi penggemar yogurt, sebaiknya batasi konsumsi produk olahan susu itu jika tak ingin mengalami sakit tenggorokan. Kandungan dalam yogurt bisa mempertebal lendir yang Anda produksi sehingga sakit tenggorokan bisa jadi lebih parah.

Makanan pedas

Saus sambal, bubuk cabai, dan makanan pedas lainnya termasuk dalam daftar makanan penyebab radang tenggorokan.

Saat mengonsumsi jenis makanan itu, peradangan di bagian tenggorokan bisa memburuk. Akibatnya, produksi lendir pun meningkat yang mana tak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

Minuman manis

Ada banyak makanan penyebab radang tenggorokan yang sebaiknya Anda hindari.

Melansir Naturally Sassy, sebaiknya batasi konsumsi minuman manis apabila Anda tak ingin menderita sakit tenggorokan. Sama seperti makanan-makanan yang telah disebutkan, minuman manis mampu membuat tenggorokan meradang. Jenis minuman itu juga tak baik untuk sistem imun tubuh.

Makanan Asam

Agar radang tenggorokan membaik, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan asam. Mulai dari tomat, jeruk, hingga lemon. Selain mengiritasi tenggorokan, makanan asam juga bisa memicu asam lambung naik sehingga memperparah kondisi tenggorokan Anda.

Selanjutnya: Catat! Ini14 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru