Tips Sehat

Hindari 6 makanan penyebab kista ovarium ini, yuk

Senin, 30 November 2020 | 10:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hindari 6 makanan penyebab kista ovarium ini, yuk

ILUSTRASI. Kopi adalah salah satu makanan penyebab kista yang perlu Anda perhatikan. KONTAN/Muradi/2017/08/14

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kista merupakan kantung berisi cairan yang berada di ovarium. Kemunculannya memang tak menimbulkan masalah, tapi dalam beberapa kasus, kista bisa mengganggu kesehatan tubuh yang lain. Menghindari makanan penyebab kista berikut bisa jadi salah satu cara agar hal itu tidak Anda alami.

Daging Merah

Makanan pertama yang perlu Anda hindari untuk menurunkan risiko kista ovarium adalah daging merah, seperti daging babi, domba, atau sapi. Jenis daging tersebut mampu membntuk kista dan memperparah kista yang sudah ada dalam ovarium Anda.

Tak hanya itu, daging merah juga mengandung banyak lemak sehingga tak baik untuk kesehatan Anda. Jika terpaksa mengonsumsi daging merah dalam suatu acara, pastikan untuk tidak makan secara berlebihan.

Gorengan

Makanan penyebab kista lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebihan adalah gorengan. Misalnya, ayam goreng, kentang goreng, atau jenis gorengan lainnya. Mengutip dari Superfood Sanctuary (superfoodsanctuary.com), jenis makanan itu membuat berat badan Anda bertambah.

Baca Juga: Awas, 7 komplikasi asam urat ini harus diwaspadai

Selain itu, terlalu banyak makan gorengan membuat keseimbangan hormon terganggu. Kedua hal itu membuat risiko Anda memiliki kista ovarium semakin tinggi. Akan lebih baik jika Anda mengganti gorengan dengan sumber makanan lain yang dimasak dengan cara yang lebih sehat.

Pemanis Buatan

Salah satu makanan penyebab kista yang perlu Anda perhatikan adalah makanan dengan pemanis buatan.

Sumber makanan lain yang bisa menyebabkan kista jadi lebih parah adalah makanan yang mengandung banyak pemanis buatan. Beberapa jenis makanan atau minuman dengan pemanis buatan adalah minuman soda, kue, kue kering, dan lain sebagainya.

Alkohol

Superfood Sanctuary menyebutkan bahwa alkohol bisa menyebabkan kista ovarium sehingga Anda perlu menghindarinya. Konsumsi alkohol membuat keseimbangan hormon terganggu sehingga kista terbentuk dalam ovarium. Jika Anda ingin menghilangkan kista dalam tubuh, sebaiknya jangan konsumsi alkohol sama sekali.

Baca Juga: Inilah 4 kondisi yang menyebabkan pusing dan mual

Kafein

Banyak orang mengonsumsi minuman berkafein agar bisa lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, kebiasaan itu justru tak baik untuk kesehatan tubuh karena bisa menyebabkan kista ovarium. Usakan untuk menghindari teh, kopi, atau minuman berkafein lain agar kondisi kesehatan Anda tak semakin parah.

Makanan Bertepung

Makanan penyebab kista selanjutnya yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan bertepung, seperti kentang, pasta, roti, dan lain-lain. Anda perlu membatasi konsumsi makanan bertepung sehingga lonjakan insulin dan penambahan berat badan bisa dihindari. Dengan begitu, pembentukan kista juga bisa dicegah.

Selanjutnya: Cara mencegah penyakit jantung berdasarkan tingkatan usia

Editor: Belladina Biananda


Terbaru