Kesehatan Umum

Awas, 7 komplikasi asam urat ini harus diwaspadai

Sabtu, 28 November 2020 | 15:47 WIB Sumber: Kompas.com
Awas, 7 komplikasi asam urat ini harus diwaspadai

ILUSTRASI. Serangan jantung. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gout atau penyakit asam urat adalah penyakit tak bisa dianggap remeh. Ada banyak orang yang mengembangkan penyakit asam urat kronis atau serangan asam urat berulang kali dari waktu ke waktu. 

Jika penyakit asam urat tidak segera diobati, dapat memicu komplikasi asam urat yang lebih berbahaya. Pemeriksaan atau tes kadar asam urat secara rutin adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi bahaya tersebut. 

Melansir berbagai sumber, berikut ini berbagai komplikasi asam urat yang perlu diwaspadai: 
1. Tophi atau tofus 
Melansir Health Line, tophi adalah endapan kristal urat yang terbentuk di bawah kulit dalam kasus asam urat kronis, atau asam urat tophaceous. Tophi paling sering terjadi di bagian-bagian tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan telinga.

Baca Juga: Duh, asam urat naik lagi! Jus nanas bisa meredakan asam urat Anda

Tophi terasa seperti benjolan keras di bawah kulit dan biasanya tidak menyakitkan, kecuali selama serangan asam urat ketika tophi menjadi meradang dan bengkak. Saat tophi terus tumbuh, benjolan ini dapat mengikis kulit dan jaringan di sekitar persendian. Kondisi ini dapat menjadi penyebab kerusakan dan kehancuran sendi yang lebih parah. 

2. Deformitas sendi 
Jika penyebab asam urat tidak diobati, serangan akut asam urat akan semakin sering terjadi. Peradangan yang disebabkan oleh serangan ini, serta pertumbuhan tophi kemudian menyebabkan kerusakan lebih parah pada jaringan sendi. Akibatnya, terjadi erosi tulang (sendi keluar dari jalurnya) dan hilangnya tulang rawan yang menyebabkan kerusakan total pada sendi. 

Kondisi ini jelas akan menyulitkan penderita asam urat sulit bergerak. 

3. Batu ginjal 
Batu ginjal termasuk salah satu komplikasi asam urat yang perlu diwaspadai. Kristal urat yang menyebabkan gejala nyeri asam urat pada kenyataannya dapat terbentuk juga di ginjal. Kristal ini dapat menumpuk dan membuat batu ginjal yang menyakitkan. Sementara, batu ginjal urat dengan konsentrasi tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal. 

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Ini obat herbal yang bisa mengobati asam urat Anda

4. Penyakit ginjal 
Menurut National Kidney Foundation, banyak penderita asam urat juga menderita penyakit ginjal kronis. Kondisi ini terkadang berakhir dengan gagal ginjal. Orang dengan sakit ginjal kronis cenderung lebih sering terkena asam urat, sedangkan orang dengan asam urat berisiko tinggi terkena sakit ginjal. 

Editor: Tendi Mahadi
Tag


Terbaru