Hati-hati! Kencing berdarah bisa jadi karena 4 hal ini

Selasa, 16 November 2021 | 15:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! Kencing berdarah bisa jadi karena 4 hal ini

ILUSTRASI. Kondisi kesehatan dan faktor lain bisa jadi penyebab kencing berdarah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kencing berdarah merupakan salah satu kondisi yang perlu selalu Anda waspadai. Bisa jadi hal itu terjadi karena ada masalah dalam tubuh yang tidak Anda sadari. Semakin cepat Anda mengatasinya, semakin sedikit pula risiko kesehatan yang perlu Anda tanggung.

Mengeluarkan air kencing yang bercampur dengan darah biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, saat darah menggumpal, hal itu bisa menimbulkan rasa nyeri. Mayo Clinic (mayoclinic.org) menambahkan bahwa biasanya tak ada gejala lain lagi yang menyertai ketika Anda mengeluarkan kencing bercampur darah.

Mengonsumsi buah bit atau jenis makanan dan minuman lain dengan warna kuat bisa membuat warna air kencing gelap. Selain itu, kondisi kesehatan dan faktor lain juga bisa menyebabkan masalah serupa. Makanya, Anda perlu mengonsultasikan kondisi Anda kepada dokter.

Batu Ginjal

Darah yang keluar bersama dengan air kencing bisa terjadi karena munculnya batu ginjal. Saat ukurannya cukup besar dan menyumbat saluran kencing, kencing berdarah pun dapat Anda alami. Saat ukuran batu ginjal tak terlalu besar, biasanya Anda tidak menyadarinya.

Baca Juga: 5 Penyebab nyeri perut sebelah kiri yang bisa Anda alami

Kanker

Kencing berdarah bisa terjadi karena kanker.

Kanker adalah salah satu penyebab mengapa darah keluar bersama dengan air kencing Anda. Sama seperti poin sebelumnya, sayangnya tidak ada gejala kanker yang biasanya Anda sadari ketika sel kanker mulai tumbuh dan berkembang dalam tubuh.

Infeksi Saluran Kencing

Mengutip dari Mayo Clinic, bakteri bisa menginfeksi saluran kencing yang mana menyebabkan banyak masalah kesehatan. Selain membuat Anda mengeluarkan air kencing yang bercampur darah, infeksi saluran kencing juga ditandai dengan kondisi lain, seperti sering buang air kecil dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini 6 ciri-ciri batu ginjal yang sebaiknya tak Anda abaikan

Pengobatan

Konsumsi jenis obat tertentu termasuk penyebab kencing berdarah.

Beberapa jenis pengobatan bisa membuat Anda mengeluarkan darah bersama dengan air kencing. Aspirin dan obat pengencer darah adalah salah satu jenis obat yang bisa menyebabkan kondisi itu. Jika Anda mengalaminya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Selain mewaspadai beberapa kondisi tersebut, ada beberapa faktor risiko penyebab kencing berdarah yang tidak boleh Anda abaikan. Orang tua yang berusia lebih dari 50 tahun lebih berisiko mengalami hal itu karena prostat yang membesar.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak faktor risiko lain yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari infeksi yang belum lama Anda alami, riwayat kesehatan keluarga, olahraga dengan intensitas berat dan terlalu lama, serta faktor-faktor yang lain.

Selanjutnya: IHSG menguat 0,53% ke 6.651, asing borong saham ARTO, PGAS, ASSA, Selasa (16/11)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru