Ini 6 ciri-ciri batu ginjal yang sebaiknya tak Anda abaikan

Kamis, 07 Oktober 2021 | 13:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 ciri-ciri batu ginjal yang sebaiknya tak Anda abaikan

ILUSTRASI. Ada banyak ciri-ciri batu ginjal yang bisa dialami oleh siapa saja.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batu ginjal terbentuk karena penumpukan mineral dalam tubuh, misalnya kalsiumatau asam urat. Jika dibiarkan, tentu saja kondisi itu bisa mengganggu kesehatan secara menyeluruh. Ciri-ciri batu ginjal pun perlu Anda ketahui untuk mendapat perawatan yang sesuai.

Ukuran batu ginjal yang dimiliki tiap orang berbeda-beda. Masalah muncul saat batu ginjal yang berukuran besar menyumbat saluran kencing. Ada banyak kondisi yang Anda alami sehingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Biasanya, dokter akan menyesuaikan pengobatan yang disarankan dengan hasil pemeriksaan dan gejala batu ginjal yang Anda alami. Semakin cepat Anda mendapat perawatan, semakin rendah risiko komplikasi kesehatan yang Anda alami.

Muncul Sensasi Terbakar

Melansir Healthline (healthline.com), kemunculan batu ginjal ditandai dengan munculnya sensasi terbakar saat Anda buang air kecil. Biasanya, kondisi itu disalahpahami dengan infeksi saluran kencing.

Baca Juga: 5 Manfaat daun pepaya, dapat menurunkan gula darah

Kencing Berdarah

Ciri-ciri batu ginjal berikutnya yang umum dialami banyak orang adalah kencing berdarah. Dalam dunia medis, kondisi itu dikenal dengan istilah hematuria. Warna air kencing yang Anda keluarkan bervariasi, mulai dari cokelat, merah, hingga merah muda.

Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri batu ginjal adalah sering buang air kecil.

Gejala batu ginjal berikutnya yang tak boleh Anda abaikan adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat. Sering buang air kecil menandakan bahwa batu ginjal berada di saluran air kencing bawah. Tak hanya di siang hari, sering buang air kecil juga terus Anda alami di malam hari sehingga mengganggu waktu istirahat.

Air Kencing Berbau

Berikutnya, air kencing yang berbau juga bisa jadi ciri-ciri batu ginjal. Kondisi itu terjadi saat infeksi saluran kencing juga terjadi. Mengutip dari Healthline, 8% penderita batu ginjal juga mengalami infeksi saluran kencing.

Baca Juga: Anda perlu mewaspadai 4 faktor penyebab kencing berbusa

Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa jadi ciri-ciri batu ginjal.

Mual dan muntah juga bisa jadi gejala batu ginjal, lo. Ginjal dan saluran pencernaan memiliki sistem saraf yang sama. Artinya, masalah pada ginjal bisa memicu mual. Jika terus terjadi, bukan tidak mungkin Anda muntah sehingga kondisi kesehatan Anda bertambah parah.

Demam

Batu ginjal juga bisa ditandai dengan demam. Biasanya, suhu tubuh mencapai lebih dari 38 derajat Celcius. Demam juga bisa membuat tubuh menggigil. Supaya tak bertambah parah, Anda perlu segera menghubungi dokter supaya kondisi Anda bisa tertangani dengan baik.

Selanjutnya: Minum 8 gelas air putih bisa mengobati asam urat, benarkah?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru