kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, ini gejala dan penyebab ambeien yang bisa Anda alami


Selasa, 02 Maret 2021 / 14:25 WIB
Hati-hati, ini gejala dan penyebab ambeien yang bisa Anda alami
ILUSTRASI. Penyebab ambeien perlu Anda ketahui supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien atau hemoroid adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan. Penyebab ambeien pun beraneka ragam. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi ambeien dengan lebih efektif.

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), tiga dari empat orang dewasa pernah mengalami ambeien. Kondisi itu dapat membuat Anda tak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Pertama, konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Hal itu dapat melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen serat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena bisa disebabkan oleh dehidrasi, maka dari itu cobalah untuk minum banyak air putih. Umumnya, setiap orang membutuhkan delapan gelas per hari. Namun, ukuran itu bisa disesuaikan dengan aktivitas dan kondisi Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat temu ireng sebagai obat herbal untuk rematik sampai ambeien

Selanjutnya, hindari duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama. Untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena, ada baiknya bagi Anda untuk rutin melakukan olahraga. Selain mengatasi ambeien, rajin olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Penyebab Ambeien

Penyebab ambeien adalah tekanan terlalu besar yang diterima pembuluh darah vena di sekitar anus. Hal itu bisa dipicu karena berbagai macam faktor. Mulai dari mengejan terlalu keras saat buang air besar, diare atau sembelit akut, hamil, obesitas, tubuh kekurangan serat, dan terlalu lama duduk di toilet.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa bertambahnya usia juga bisa menyebabkan kemunculan ambeien. Seiring berjalannya waktu, jaringan yang menyokong pembuluh darah di sekitar anus melemah sehingga lebih rentan saat menerima tekanan.

Jika ambeien terus terjadi dan tidak mendapat perawatan yang tepat, ada beberapa komplikasi kesehatan yang bisa Anda alami. Mulai dari rasa sakit yang semakin parah, anemia, hingga penggumpalan darah.

Baca Juga: 4 Makanan untuk diare ini bisa Anda jadikan pilihan

Gejala Ambeien

Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai, ada baiknya untuk mengetahui apa saja gejala ambeien yang bisa Anda alami. Karena bisa terjadi di dalam ataupun di luar rektum, gejala yang muncul pun dapat berbeda.

Hemoroid eksternal ditandai dengan rasa sakit, gatal, dan iritasi di sekitar anus, muncul rasa tidak nyaman saat Anda melakukan kegiatan, bagian sekitar anus mengalami pembengkakan, serta muncul pendarahan.

Sedangkan untuk hemoroid internal, gejala yang muncul adalah rasa sakit yang cukup parah ketika Anda buang air besar. Bahkan, Anda bisa mendapati darah yang keluar di toilet atau tisu toilet yang Anda pakai.

Selanjutnya: Rekomendasi obat wasir dari bahan alami, siapa tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×