Tips Sehat

4 Makanan untuk diare ini bisa Anda jadikan pilihan

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan untuk diare ini bisa Anda jadikan pilihan

ILUSTRASI. Pisang adalah salah satu makanan untuk diare karena mengandung banyak potasium dan nutrisi lainnya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diare adalah salah satu masalah sistem pencernaan yang bisa membuat Anda tidak nyaman. Hal itu disebabkan karena intensitas buang air besar menjadi bertambah. Salah satu cara menghentikan kondisi itu adalah dengan mengonsumsi makanan untuk diare berikut.

Roti

Mengutip dari Insider (insider.com), sebaiknya konsumsi makanan rendah serat saat diet. Tujuannya agar makanan yang Anda konsumsi tidak mudah tercerna dalam tubuh sehingga feses yang Anda keluarkan berkurang.

Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi saat diare adalah roti. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi gandum utuh, ya. Gandum utuh memiliki kandungan serat yang lebih tinggi sehingga kurang cocok dikonsumsi saat Anda mengalami diare.

Pisang

Saat diare, tubuh Anda rentan mengalami kekurangan nutrisi karena banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika buang air besar. Jika terus dibiarkan, kondisi kesehatan Anda akan memburuk dan menimbulkan masalah lainnya.

Baca Juga: Ini manfaat konsumsi buah kesemek untuk kesehatan

Supaya hal tersebut tak terjadi, ada baiknya untuk mengonsumsi pisang selama diare. Insider mengatakan bahwa makanan untuk diare itu mengandung banyak potasium sehingga bisa mengganti nutrisi yang hilang ketika Anda diare.

Kaldu Bening

Biasanya, diare membuat Anda tak bisa dan tidak berselera untuk mengonsumsi makanan berat. Hal itu bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih lemas. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mengonsumsi kaldu bening.

Kaldu bening mengandung gula, garam, dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kaldu bening juga mengandung banyak air sehingga bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi karena banyak cairan yang terbuang selama diare.

Baca Juga: Kaya manfaat, daun dan buah jambu biji bisa mengobati ambeien sampai diabetes

Air Kelapa

Air kelapa bisa jadi salah satu makanan untuk diare.

Selain makanan untuk diare di atas, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa selama diare. Air kelapa mengandung banyak potasium, sodium, dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsi air kelapa, tubu akan terhindar dari dehidrasi sehingga bisa pulih lebih cepat.

Makanan yang Perlu Dihindari

Mengatur makanan yang dikonsumsi ketika diare adalah hal yang penting. Maka dari itu, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan yang justru membuat diare semakin parah. Misalnya, makanan pedas, makanan berlemak, makanan dengan pemanis buatan, dan makanan asin.

Selanjutnya: Selain melawan kanker, ini manfaat buah sirsak

Editor: Belladina Biananda


Terbaru