kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati! Ini Efek Samping Minyak Zaitun yang Perlu Anda Ketahui


Jumat, 25 Maret 2022 / 04:11 WIB
Hati-hati! Ini Efek Samping Minyak Zaitun yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Minyak zaitun.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat yang tidak diragukan lagi. Namun, Anda perlu mengetahui efek samping minyak zaitun jika digunakan secara berlebihan. 

Saking banyaknya manfaat yang diberikan, minyak zaitun kerap dijadikan obat herbal hingga bahan untuk berbagai produk kecantikan. 

Selain itu, minyak zaitun juga dijadikan sebagai bahan untuk memakai berbagai jenis makanan untuk di goreng. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui efek samping mengkonsumsi terlalu banyak minyak zaitun. 

Baca Juga: Ini 6 Penyebab Mimisan yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati Saat Mengupil

Melansir dari Stylecraze, berikut beberapa efek samping minyak zaitun yang perlu Anda ketahui. 

1. Diare 

Efek samping terlalu banyak mengkonsumsi minyak zaitun dapat menyebabkan diare. Pasalnya, ada kandungan lemak yang bisa mengganggu sistem pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. 

2. Jerawat

Minyak zaitun kerap kali dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Namun, perlu Anda ketahui bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, minyak zaitun dapat menimbulkan jerawat. Apalagi jika Anda tidak segera membersihkan minyak zaitun yang dipakai. 

3. Alergi 

Selain itu, minyak zaitun juga menimbulkan efek samping alergi bagi sebagian orang. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai alergi berhati-hatilah mengkonsumsi minyak zaitun. 

Baca Juga: Catat! 5 Pantangan Penderita Asam Lambung yang Harus Dihindari

4. Menyumbat Kantong Empedu

Mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya dapat menyumbat kantong empedu. Hal tersebut dikarenakan jumlah lemak yang terlalu banyak dikonsumsi dapat menyumbat kantong empedu yang bisa menyebabkan batu ginjal. 

5. Menimbulkan Ruam 

Selain menimbulkan jerawat dan alergi, jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak minyak zaitun dapat menimbulkan kulit ruam. Apalagi jika Anda kulit Anda berminyak, hal tersebut tidak hanya menimbulkan ruam tetapi disertai dengan iritasi dan kulit menjadi kemerahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×