Catat! 5 Pantangan Penderita Asam Lambung yang Harus Dihindari

Kamis, 24 Maret 2022 | 11:31 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat! 5 Pantangan Penderita Asam Lambung yang Harus Dihindari

ILUSTRASI. Gorengan adalah salah satu pantangan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung.


KONTAN.CO.ID - Asupan makanan penting untuk dijaga bagi penderita asam lambung. Terdapat beberapa pantangan makanan yang harus dihindari karena bisa memicu penyakit asam lambung semakin parah dan memicu berbagai penyakit lain. 

Biasanya jika penderita asam lambung mengabaikan pantangan tersebut, gejala akan lebih cepat dirasakan. Contohnya, seperti tenggorokan langsung terasa panas, nyeri dada atau saluran pencernaan terasa terbakar. 

Untuk itu penting mengetahui apa saja pantangan makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bagi Anda yang menderita asam lambung.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jalan Kaki di Sore Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terkait cara pengobatan agar penyakit asam lambung yang Anda alami bisa sembuh, sehingga tubuh menjadi sehat kembali. 

Dilansir dari Healthline, ada beberapa pantang penderita asam lambung perlu Anda hindari dan ketahui. 

1. Makanan Pedas

Sepertinya makanan pedas adalah salah satu pantangan makanan yang sangat wajib dihindari penderita asam lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu asam lambung naik serta kandungan capsaicin bisa menimbulkan iritasi di saluran pencernaan. 

2. Alkohol 

Tidak hanya makanan, ada beberapa minuman yang menjadi pantangan penderita asam lambung. Salah satunya minuman beralkohol.

Sama halnya seperti makanan pedas, mengkonsumsi minuman alkohol terlalu banyak juga dapat memicu asam lambung naik. 

3. Gorengan 

Gorengan adalah salah satu makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Namun, perlu Anda ketahui gorengan juga merupakan salah satu pantangan bagi penderita asam lambung. 

Pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak yang tidak sehat dan dapat berpengaruh buruk terhadap pencernaan sekaligus asam lambung yang diderita. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan, Kenali 5 Manfaat Mengkonsumsi Timun Bagi Kesehatan Ini

4. Kafein 

Beberapa jenis minuman atau makanan yang mengandung kafein tinggi sebaiknya dihindari jika Anda mengidap penyakit asam lambung. Salah satunya kopi, waspadalah jika Anda ingin tetap mengkonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya. 

5. Obat Tertentu 

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu, perhatikan apakah obat tersebut bisa berdampak buruk atau tidak kepada kesehatan Anda. Pasalnya, ada beberapa obat tertentu yang menjadi pantangan penderita asam lambung. Berkonsultasilah dengan dokter, jika Anda mengalami gejala asam lambung selepas mengkonsumsi obat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru