kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Penyebab Mimisan yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati Saat Mengupil


Kamis, 24 Maret 2022 / 13:21 WIB
Ini 6 Penyebab Mimisan yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati Saat Mengupil
ILUSTRASI. Mimisan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Mimisan adalah suatu kondisi saat adanya darah yang keluar dari hidung. Penyebab mimisan sendiri juga cukup beragam, mulai dari penyebab yang serius hingga saat salah mengupil juga dapat menjadi penyebab mimisan. 

Menurut istilah medis mimisan disebut epistaksis dan bisa dialami oleh siapapun. Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja penyebab hidung mengeluarkan darah tersebut agar bisa segera melakukan penanganan. 

Mimisan sendiri terbagi menjadi dua tipe, yakni mimisan anterior dan mimisan posterior. Salah satu perbedaan dari kedua tipe mimisan ini adalah asal darah yang keluar. 

Baca Juga: Catat! 5 Pantangan Penderita Asam Lambung yang Harus Dihindari

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa penyebab mimisan yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Benda Asing

Salah satu penyebab mimisan adalah adanya benda asing di saluran pernapasan, khususnya rongga hidung. Hal tersebut kerap dialami oleh anak-anak, contohnya seperti memasukkan mainan ke hidung. 

2. Udara Kering 

Udara yang kering juga bisa menjadi penyebab mimisan loh. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati jika menggunakan pemanas ruangan atau berpergian saat cuaca dingin. Pasalnya, saat udara kering dapat memicu iritasi yang bisa menyebabkan hidung mimisan. 

3. Stres 

Penyebab mimisan ini sangat mungkin dialami seseorang yaitu stres. Mimisan bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan. Oleh karena itu penting sekali untuk mengelola stres dengan baik dengan melakukan berbagai cara yang dapat membuat pikiran lebih tenang dan rileks. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan, Kenali 5 Manfaat Mengkonsumsi Timun Bagi Kesehatan Ini

4. Kondisi Kesehatan 

Adanya gangguan kesehatan juga dapat menjadi penyebab mimisan. Kondisi ini terbilang cukup serius, pasalnya bebarapa penyakit serius seperti penyakit ginjal atau jantung bisa menyebabkan mimisan secara tiba-tiba. 

5. Obat-Obatan Tertentu 

Beberapa jenis obat tertentu dapat juga menjadi pemicu mimisan. Oleh karena itu, jika Anda setelah mengkonsumsi obat mengalami mimisan, segeralah pergi ke dokter untuk meminta resep baru dan mengobati mimisan yang Anda alami. 

6. Mengupil 

Hal ini mungkin dianggap sepele, namun Anda harus berhati-hati saat mengupil. Pasalnya, kesalahan saat mengupil bisa menjadi penyebab mimisan loh. 

Oleh karena itu berhati-hatilah saat mengupil dan jangan menggaruk terlalu keras karena dapat melukai hidung bagian dalam dan menyebabkan mimisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×