Hati-Hati 6 Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hati-Hati 6 Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung


KONTAN.CO.ID - Terdapat beberapa makanan dan minuman yang dilarang dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Penderita penyakit jantung harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi alias tidak boleh sembarangan. 

Makanan yang wajib untuk dihindari tersebut adalah makanan yang tidak sehat, seperti mengandung pemanis buatan, lemak, kurang nutrisi dan makanan yang dapat memicu penyakit jantung lainnya. 

Untuk itu, bagi penderita penyakit jantung disarankan lebih banyak mengkonsumsi banyak sehat dan serat tinggi seperti sayuran atau buah-buahan. Selain bisa menghindari penyakit jantung, mengkonsumsi makanan sehat tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus, Apa Saja?

Melansir dari WebMD, berikut beberapa makanan yang dilarang bagi penderita penyakit jantung, di antaranya:

1. Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol adalah salah satu hal yang dilarang bagi penderita penyakit jantung. Pasalnya, alkohol memberikan pengaruh buruk terhadap jantung sehingga sangat berbahaya. 

2. Pizza 

Pizza merupakan makanan yang juga harus dihindari bagi Anda yang menderita penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan pizza mengandung banyak lemak, sodium dan kalori yang dapat memicu serangan jantung.

Baca Juga: Batuk Kering Membandel? Coba 4 Obat Alami Batuk Kering Ini

3. Pasta 

Selain pizza, Anda juga harus berpikir ulang saat akan mengkonsumsi pasta. Pasalnya, pasta terbuat dari tepung putih yang tidak mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin dan lain-lain. 

Tidak hanya itu, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi pasta juga berisiko menambahnya lemak di dalam perut sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung. 

4. Soda 

Beralih ke minuman kembali, soda juga termasuk ke dalam daftar minuman yang dilarang bagi perderita sakit jantung. Kandungan pemanis buatan dalam soda, dapat meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, hipertensi hingga obesitas. 

5. Daging Merah 

Makanan yang dilarang bagi penderita penyakit jantung lainnya adalah daging merah. Berbagai jenis daging merah seperti sapi, domba dan babi adalah pantangan yang harus diwaspadai. 

Pasalnya, daging merah mengandung banyak lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Waspada! 5 Ciri-Ciri Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diketahui

6. Kentang Goreng 

Ketang goreng adalah salah satu makanan yang cukup digemari orang Indonesia. Namun, perlu Anda ketahui kentang goreng dilarang bagi Anda mengidap penyakit jantung. 

Pasalnya, makanan yang kerap dijadikan camilan ini mengandung banyak lemak jenuh dan garam yang dapat memicu serangan jantung. Oleh karena itu hindari makanan ini. 

Demikian beberapa makanan yang dilarang bagi penderita penyakit jantung. Agar kondisi jantung Anda lebih terjaga, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru