Waspada! 5 Ciri-Ciri Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diketahui

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:01 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada! 5 Ciri-Ciri Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diketahui

ILUSTRASI. Sakit Perut bisa menjadi salah satu ciri-ciri penyakit ginjal.


KONTAN.CO.ID - Mengetahui ciri-ciri awal penyakit ginjal adalah hal yang penting. Pasalnya, dengan mengetahui penyakit ginjal lebih awal Anda bisa melakukan penanganan atau pengobatan lebih cepat. 

Selain mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal, menerapkan gaya hidup sehat juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, salah satunya dengan rajin minum air putih agar kesehatan ginjal terjaga. Serta sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala atau ciri-ciri yang berkaitan dengan penyakit ginjal.

Umumnya, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda akan diminta untuk melakukan tes darah dan urin. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui penyebab gejala yang dialami supaya lebih akurat. Sehingga pengobatan bisa lebih efektif.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Menggunakan Bahan Alami, Mau Coba?

Melansir dari Life Options, terdapat ciri-ciri awal penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Sakit Perut

Sakit perut merupakan ciri-ciri penyakit ginjal yang perlu Anda waspadai. Apalagi jika Anda mengalami sakit perut dalam frekuensi yang cukup sering. Selain itu, cukup sulit membedakan sakit perut biasa dengan gejala penyakit ginjal. Oleh sebab itu, cobalah untuk menjaga asupan makanan serta lebih banyak minum air putih.

Sering Buang Air Kecil

Selain sakit perut, ciri-ciri penyakit ginjal yang perlu diwaspadai lainnya yaitu terlalu sering buang air kecil. Selain frekuensi buang air kecil yang terus meningkat, biasanya Anda juga akan merasakan rasa sakit dan rasa terbakar saat buang air.

Baca Juga: Bali United VS Arema FC Jadi Big Match Pekan 4 BRI Liga 1 2022/2023, Catat Jadwalnya

Kencing Berbusa

Dilansir dari Life Options, kencing berbusa juga merupakan salah satu ciri penyakit ginjal. Hal tersebut disebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan protein yang berakibat kencing menjadi berbusa.

Warna Urin Gelap

Ciri-ciri penyakit ginjalnya dapat ditandai dengan berubahnya warna urin menjadi lebih gelap. Bahkan, lebih parahnya lagi ada beberapa kasus buang air kecil mengeluarkan darah. Oleh sebab itu, sebelum hal tersebut terjadi segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Liverpool VS Crystal Palace Jadi Laga Terakhir Pekan 2

Kulit Gatal

Jika fungsi ginjal tidak berjalan semestinya, hal tersebut akan membuat kotoran-kotoran dalam tubuh tidak tersaring secara maksimal yang akan berdampak membuat kulit terasa gatal. Pasalnya, kotoran-kotoran yang tidak tersaring oleh ginjal menumpuk dan mengalir di dalam darah yang menimbulkan rasa gatal di kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru