Batuk Kering Membandel? Coba 4 Obat Alami Batuk Kering Ini

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Batuk Kering Membandel? Coba 4 Obat Alami Batuk Kering Ini

ILUSTRASI. Madu adalah salah satu obat alami batuk kering.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Batuk kering kerap membandel dan agak sulit hilang. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa obat alami batuk kering yang ampuh dan patut untuk dicoba.

Umumnya batuk kering disebabkan oleh alergi, asam lambung naik dan lain-lain. Selain mengkonsumsi obat batuk kering alami, mengkonsumsi banyak air putih juga mampu memperburuk keadaan. 

Selain itu, berkumur menggunakan air garam juga disebut-sebut mampu mengatasi batuk kering. Hal tersebut dikarenakan air garam mempunyai kandungan yang dapat meredakan iritasi akibat batuk kering.

Baca Juga: Persik Kediri Vs Borneo FC Pembuka Pekan 4 BRI Liga 1 2022/2023, Catat Jadwal Lainnya

Lalu apa saja obat batuk berbahan alami yang bisa cari dengan mudah? 

Melansir dari Very Well Health, berikut beberapa obat batuk kering alami: 

Madu

Rasanya madu menjadi salah satu bahan alami yang populer mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk meredakan batuk. Madu bisa dijadikan obat batuk kering dan mudah untuk Anda cari. 

Madu mengandung banyak antiiflamasi yang mampu menghilangkan alergi yang menyebabkan batu kering. Selain itu, Anda perlu sedikit waspada jika mempunyai penyakit diabetes. 

Bawang Putih

Selain madu, bawang putih juga dapat dimanfaatkan menjadi obat batuk kering. Pasalnya, bawang putih mengandung banyak kandungan seperti antibakteri, antivirus hingga antiinflamasi yang mampu meredakan dan mengatasi batuk kering. 

Selain dapat dijadikan obat batuk kering alami, mengkonsumsi bawang putih juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Waspada! 5 Ciri-Ciri Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diketahui

Kunyit 

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Oleh sebab itu, kunyit termasuk salah satu obat batuk kering berbahan alami. 

Sama halnya seperti obat batum kering lainnya, kunyit mempunyai kandungan nutrisi serupa yang mampu mengatasi batuk kering. 

Jahe 

Jahe adalah salah satu obat batuk kering alami yang tam boleh dilewatkan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jahe mampu membuat otot-otot di tenggorokan rileks. Hal tersebut membuat frekuensi batuk kering kian berkurang. 

Itulah beberapa obat batuk kering berbahan alami. Meski obat batun kering tersebut mampu meredakan batuk kering, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru