Hati-hati! 6 Faktor ini jadi penyebab kanker serviks

Jumat, 06 Agustus 2021 | 11:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! 6 Faktor ini jadi penyebab kanker serviks

ILUSTRASI. Hamil di usia muda bisa jadi salah satu penyebab kanker serviks.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa dialami wanita. Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, ada beberapa penyebab kanker serviks yang perlu Anda waspadai. Selain penyebabnya, gejala-gejala yang muncul perlu Anda perhatikan.

Saat mengalami perubahan kondisi dalam tubuh, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda bisa terdiagnosa dengan baik.

Ada banyak faktor mengapa kanker serviks muncul. Mulai dari merokok, kondisi sistem imun tubuh, atau masalah kesehatan lain yang Anda alami sebelumnya. Beberapa faktor memang tidak bisa Anda ubah. Namun, tak sedikit pula faktor pemicu kanker serviks yang masih bisa Anda benahi.

Hamil

Mengutip dari American Cancer Society (cancer.org), wanita berusia di bawah 20 tahun yang sudah hamil memiliki risiko kanker serviks yang lebih tinggi. Akan lebih baik jika kehamilan ditunda dulu sampai Anda berusia lebih dari 25 tahun.

Baca Juga: Cek 4 gejala kanker serviks ini, ada yang Anda alami?

Kurang Makan Sayur dan Buah

Ada beberapa orang yang tidak terlalu suka mengonsumsi buah dan sayur. Sayangnya, kebiasaan itu tidak baik karena bisa jadi salah satu penyebab kanker serviks. Jika belum terbiasa, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang benar-benar Anda sukai.

Merokok

Merokok juga termasuk salah satu penyebab kanker serviks, lo. Senyawa berbahaya yang masuk ke paru-paru akan terserap darah lalu didistribusikan ke seluruh tubuh. Melansir American Cancer Society, wanita yang terbiasa merokok dua kali lebih berisiko mengalami kanker serviks.

Riwayat Seksual

Beberapa riwayat seksual dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Misalnya, aktif berhubungan seksual sejak berusia kurang dari 18 tahun, memiliki lebih dari satu pasangan seksual, memiliki pasangan seksual dengan infeksi seksual tertentu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bisa jadi obat nyeri haid, gunakan 4 bahan alami ini

Sistem Imun Rendah

Anda patut waspada terhadap kanker serviks jika memiliki sistem imun yang rendah. Sistem imun berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Saat ada pun, perkembangan sel kanker bisa tertahan dengan sistem imun tubuh yang kuat.

Pil KB

Mengonsumsi pil kb dalam jangka waktu lama bisa jadi penyebab kanker serviks.

Mengonsumsi pil KB dalam jangka waktu lama juga dapat meningkatkan risiko kanker serviks, lo. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena risiko itu bisa dicegah saat Anda mengurangi atau berhenti mengonsumsi pil KB. Supaya lebih aman, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Jangan anggap enteng gejala keputihan, simak informasinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru