Jangan anggap enteng gejala keputihan, simak informasinya

Jumat, 06 Agustus 2021 | 10:42 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Jangan anggap enteng gejala keputihan, simak informasinya

ILUSTRASI. Keputihan yang kerap terjadi jangan disepelakan. bisa saja itu adalah gejala yang muncul dari penyakit tertentu. Kenali gejalanya. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - Kesehatan reproduksi untuk perempuan adalah hal yang harus benar-benar harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Permasalahan reproduksi yang kerap terjadi adalah keputihan. 

Keputihan merupakan kondisi ketika keluar lendir atau cairan dari vagina, dikutip dari website Kementerian Kesehatan. Hal ini kerap membuat bingung para perempuan. Apalagi, kondisi ini membuat area kewanitaan terasa lembab dan tak nyaman. 

Sebagian wanita menganggap keputihan sebagai kondisi yang biasa saja. Padahal, tidak semua keputihan memiliki makna yang sama. Ada warna keputihan tertentu yang merupakan tanda adanya penyakit infeksi atau jamur.  

Selain itu, warna lendir atau cairan memiliki warna yang berbeda-beda. Salah satu tanda adanya gangguan kesehatan tersebut adalah munculnya rasa gatal, panas, dan bau. Untuk itu, Anda perlu mengenali apa saja warna keputihan yang terjadi pada perempuan.  

Dengan memahami kondisi warna keputihan, Anda dapat mendeteksi adanya penyakit secara lebih cepat. Jika Anda mengalami keputihan jangan langsung panik.  

Dirangkum dari Women’s Health, Healthline, dan Everyday Health, berikut penjelasan tentang 5 warna keputihan dan artinya bagi kesehatan reproduksi perempuan. Simak penjelasannya berikut ini. 

Baca Juga: Waspadai Gejala Kista Ovarium untuk Perempuan

1. Putih dan kental

Jika keputihan Anda berwarna putih dan kental, itu adalah normal. Cairan vagina normal memiliki ciri antara lain warnanya putih jernih. Jangan perlu panik, keputihan ini bisa jadi tanda Anda akan menstruasi.  

2. Kuning

Warna kekuningan adalah tanda keputihan Anda tidak normal. Ciri ini adalah tanda Anda mengalami infeksi bakteri atau infeksi menular seksual. Selain itu, Anda dapat juga merasakan ada bau yang menyertai keputihan Anda.  

3. Cokelat

Keputihan berwarna cokelat dapat disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika keputihan terus muncul, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Ini bisa menjadi tanda kanker rahim atau kanker serviks. Selain itu, selama menopause, seorang wanita tidak boleh mengalami pendarahan vagina jenis apa pun, yang juga merupakan tanda kanker rahim. 

Baca Juga: 5 Penyakit Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan

4. Bening 

Keputihan yang biasa dan normal adalah yang berwarna bening atau agak putih. Kondisi yang normal adalah ketika keputihan terasa licin atau memiliki tekstur seperti putih telur. Ini merupakan cara yang sehat bagi tubuh mengeluarkan sel mati dan menyeimbangkan diri. 

Peningkatan keputihan berwarna bening bisa juga menjadi tanda adanya gairah seksual hingga kehamilan. 

5. Merah muda 

Keputihan berwarna merah muda tipis seringkali hanya merupakan tanda awal periode menstruasi. Ini juga bisa menjadi ciri awal kehamilan. Meski dalam beberapa kasus ini adalah hal yang normal, tapi kondisi ini juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. 

Jika Anda mengalami tanda-tanda keputihan yang berbahaya, seperti telah disebutkan di atas, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya. 

Selanjutnya: Manfaat Daun Sirih yang Tidak Banyak Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru