Cek 4 gejala kanker serviks ini, ada yang Anda alami?

Sabtu, 10 Juli 2021 | 10:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cek 4 gejala kanker serviks ini, ada yang Anda alami?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa gejala kanker serviks perlu Anda waspadai. Tujuannya supaya Anda bisa mendapat perawatan yang cepat dan tepat.

Mengutip dari NHS (nhs.uk), kondisi itu biasanya dialami oleh wanita berusia 30-45 tahun yang aktif berhubungan seksual. Untuk benar-benar membuktikan apakah Anda menderita kanker serviks atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan.

Pada tahap awal kanker serviks, umumnya penderita tidak mengalami gejala apa pun. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak gejala yang Anda rasakan. Jika tidak segera ditangani, tentu saja kondisi Anda bisa semakin parah.

Pendarahan yang Tidak Biasa

Gejala kanker serviks yang dialami oleh banyak orang adalah pendarahan yang tidak umum di bagian vagina. NHS mengatakan bahwa Anda bisa mengalami pendarahan selama atau setelah berhubungan seksual, pendarahan di antara siklus haid, dan setelah Anda memasuki masa menopause.

Meski demikian, tidak semua pendarahan di bagian vagina menunjukkan adanya pertumbuhan sel kanker. Kondisi itu juga bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mendapati pendarahan yang tidak biasa.

Baca Juga: Ini 5 manfaat buah tin, bisa untuk kesehatan pencernaan hingga anti kanker

Kanker Serviks Stadium Lanjut

Salah satu gejala kanker serviks adalah sakit pinggang.

Kanker serviks bisa menyebar ke jaringan dan organ lain dalam tubuh. Hal itu lah yang mengakibatkan semakin banyak gejala yang bisa Anda alami. Mulai dari muncul rasa sakit di panggul dan pinggang, sembelit, sering buang air kecil, kencing bercampur darah, dan lain sebagainya.

Gejala yang Lain

Selain beberapa gejala yang telah disebutkan sebelumnya, kanker serviks juga bisa ditandai dengan kondisi lain. Misalnya, Anda mengeluarkan keputihan yang tidak biasa dan berbau tidak sedap. Kondisi itu jadi tanda bahwa ada masalah dalam organ reproduksi sehingga Anda perlu segera mengatasinya.

Baca Juga: 5 Bahan ini efektif jadi cara menghilangkan bau keputihan

Gejala Parah

Jangan menunda jadwal konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala kanker serviks yang telah disebutkan. Apalagi jika Anda mengalami gejala lain yang lebih serius. Misalnya, pendarahan setelah berhubungan seksual atau pendarahan hebat lainnya.

Selanjutnya: 4 Cara meredakan nyeri haid ini mudah untuk Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru