Hati-hati! 5 Kondisi ini bisa jadi gejala pikun, lo

Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! 5 Kondisi ini bisa jadi gejala pikun, lo

ILUSTRASI. Ada banyak kondisi yang bisa jadi gejala pikun. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


KONTAN.CO.ID - Biasanya, pikun dialami oleh mereka yang sudah berusia tua. Namun, tahukah Anda bahwa pikun juga bisa dialami oleh Anda yang masih berusia muda? Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai, gejala pikun perlu Anda waspadai.

Melansir Healthline, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab pikun. Mulai dari penyakit alzheimer, stroke, luka pada otak, penyakit huntington, frontotemporal dementia, hingga kondisi-kondisi yang lain.

Supaya gejala-gejala di bawah ini tidak Anda alami, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah, sayur, dan asam lemak omega-3.

Jika Anda sudah melakukan hal itu dan pola hidup sehat lainnya, bukan berarti gejala ini bisa Anda abaikan, ya.

Kesulitan mencari kata yang tepat

Gejala pikun pertama yang bisa Anda alami adalah kesulitan untuk menemukan kata-kata tepat yang ingin Anda gunakan. Mengobrol atau menjelaskan sesuatu terasa susah untuk Anda lakukan. Hal itu tentu saja bisa membuat Anda dan orang lain tidak nyaman.

Baca Juga: Begini 6 cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

Kebingungan

Kebingungan termasuk salah satu gejala pikun.

Pikun juga ditandai dengan seringnya Anda merasa kebingungan ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Kondisi itu merupakan gejala awal sehingga Anda masih ada banyak waktu untuk menghindari kondisi-kondisi yang lebih parah.

Menjadi repetitif

Melansir Healthline, pikun membuat Anda sering melakukan hal yang sama terus-menerus atau bisa disebut dengan melakukan kegiatan repetitif. Misalnya, Anda terus menanyakan hal yang sama padahal orang lain sudah memberikan jawaban.

Gangguan memori

Gejala pikun berikutnya yang bisa Anda alami adalah gangguan memori, apalagi memori jangka pendek. Anda mungkin akan mengingat kejadian-kejadian di masa lampau. Sayangnya, Anda justru tidak ingat beberapa memori yang baru saja Anda alami.

Baca Juga: Waspada akan disfungsi kognifitf pasca sembuh dari Covid-19

Perubahan mood

Salah satu gejala pikun adalah mood yang berubah.

Mood atau perasaan Anda bisa berubah-ubah ketika mengalami kepikunan. Seperti yang telah dijelaskan, Anda kesulitan untuk mengongat sesuatu dan kesulitan untuk melakukan hal-hal yang biasanya mudah untuk Anda kerjakan.

Nah, hal itulah yang membuat Anda terkadang merasa frustasi sehingga mood Anda pun berubah. Seiring berjalannya waktu, kepribadian Anda pun bisa berubah. Supaya hal yang lebih serius tak terjadi, tidak ada salahnya untuk membicarakan kondisi Anda ke dokter.

Selanjutnya: Ini 4 penyebab pikun yang bisa Anda alami, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru