Begini 6 cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

Kamis, 09 September 2021 | 13:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Begini 6 cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

ILUSTRASI. Rutin mengonsumsi delima termasuk salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi yang perlu Anda waspadai karena bisa memicu penyakit lain. Anda tidak perlu merasa bingung karena banyak cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yang dapat dilakukan.

Supaya tekanan darah lebih terkontrol, Anda perlu menyeimbangkan jumlah natrium dan kalium dalam tubuh. Melansir Parade (parade.com), sebaiknya konsumsi 1500-2300 mg natrium per hari. Nah, makanan kaya kalium dan magnesium digunakan untuk lebih menyeimbangkan kandungan mineral dalam tubuh.

Pilihan bahan alami yang bisa Anda coba adalah buah beri, seperti stroberi, bluberi, dan lain-lain. Selain mengandung natrium, buah beri juga dipenuhi dengan vitamin C, antioksidan, serat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Tidak hanya buah beri, masih banyak jenis makanan lain yang dapat Anda manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Cobalah untuk rutin mengonsumsi bahan alami ini dan jangan lupa untuk tetap mengonsultasikan kondisi tubuh ke dokter.

Baca Juga: 6 Buah yang efektif menghilangkan gejala dan menetralkan asam lambung

Delima

Siapa yang suka makan buah delima? Jenis buah itu bisa dijadikan obat tekanan darah tinggi, lo. Kandungan dalam buah delima efektif mengontrol ukuran pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah tinggi pun dapat teratasi.

Oatmeal

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat dapat Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi oatmeal. Bukan tanpa alasan, oatmeal mengandung serat yang baik untuk kondisi tekanan darah. Cobalah untuk mencampur oatmeal dengan bahan alami bergizi lainnya.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang mengandung banyak manfaat. Parade menyebutkan bahwa yogurt memiliki banyak kalium dan kalsium. Supaya manfaatnya lebih terasa, pilihlah yogurt greek tanpa diberi perasa atau pemanis tambahan.

Baca Juga: Cocok jadi obat pikun, konsumsi 5 makanan ini, yuk

Teh Hijau

Minum teh hijau bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, minum teh hijau secara teratur juga baik untuk kesehatan otak dan memperbaiki kondisi kulit.

Tomat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat bisa pakai tomat.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tomat. Sama seperti jenis bahan alami yang lain, tomat dipenuhi dengan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat. Misalnya, kalium, vitamin C, dan antioksidan.

Bayam

Bayam jadi bahan alami lain yang tak boleh ketinggalan dari daftar obat herbal tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, makan bayam yang sudah dimasak mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga risiko penyakit jantung pun berkurang.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, sayur dan buah ini efektif bisa menurunkan gula darah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru