Cocok jadi obat pikun, konsumsi 5 makanan ini, yuk

Senin, 06 September 2021 | 09:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok jadi obat pikun, konsumsi 5 makanan ini, yuk

ILUSTRASI. Beberapa makanan dapat Anda jadikan obat pikun./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/09/05/2011.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pikun atau menurunnya kemampuan daya ingat biasanya jadi salah satu tanda penuaan. Meski demikian, Anda yang masih berusia muda juga bisa mengalaminya, lo. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi makanan tertentu yang bisa jadi obat pikun.

Kombinasi genetik, lingkungan, dan gaya hidup jadi salah satu faktor mengapa Anda pikun. Namun, tak menutup kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan hal itu terjadi, misalnya kondisi kesehatan. Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit yang lain dapat memicu pikun.

Tidak berhenti sampai di situ, pikun juga bisa lebih cepat muncul jika Anda tak mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Cobalah untuk rutin mengonsumsi beberapa bahan alami di bawah ini. Selain itu, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Buah Beri

Berbagai jenis buah beri termasuk salah satu obat pikun yang bisa Anda jadikan pilihan. Mengutip dari Healthcare Associates of Texas (healthcareassociates.com), buah beri mengandung banyak flavoboid yang efektif melawan radikal bebas.

Dengan begitu, kerusakan sel otak yang menyebabkan pikun dapat Anda hindari. Tak hanya itu, buah beri juga mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral lain yang mampu meredakan peradangan. Hasilnya, kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terjaga.

Baca Juga: Bisa terjadi pada usia muda, ini penyebab pikun dan cara mencegah dengan buah & sayur

Omega

Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi lain yang Anda butuhkan untuk mengatasi pikun. Ada banyak bahan alami yang mengandung nutrisi tersebut. Misalnya, minyak zaitun, ikan tuna, dan ikan salmon. Biasanya, bahan alami itu juga mengandung DHA yang baik untuk kesehatan otak.

Rempah

Obat pikun selanjutnya berasal dari beberapa jenis rempah yang ada di sekitar Anda, seperti kayu manis atau kunyit. Selain meningkatkan cita rasa makanan, kandungan dalam rempah tersebut mampu mengurangi plak otak. Artinya, peradangan dan menurunnya daya ingat bisa Anda hindari.

Baca Juga: 5 Olahraga otak ini bisa menjaga kesehatan dan kemampuan otak, mudah Anda coba!

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, bisa Anda gunakan sebagai obat pikun.

Cara mengatasi pikun lainnya yang layak Anda coba adalah mengonsumsi sayuran hijau secara teratur. Kebanyakan sayuran hijau mengandung banyak vitamin B yang efektif meningkatkan kemampuan kognitif. Tidak hanya itu, rutin makan sayuran hijau bisa mengurangi depresi sehingga baik untuk tubuh.

Biji-Bijian

Pikun bisa Anda atasi dengan biji-bijian, misalnya biji bunga matahari. Healthcare Associates of Texas menyebutkan bahwa ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam bahan alami itu. Mulai dari antioksidan, vitamin E, zinc, kolin, asam lemak-3, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Waspada akan disfungsi kognifitf pasca sembuh dari Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru