kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,22   4,89   0.54%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Simak Cara 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental


Senin, 10 Oktober 2022 / 11:16 WIB
Hari Kesehatan Mental Sedunia, Simak Cara 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental
ILUSTRASI. Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Cara menjaga kesehatan mental.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - 10 Oktober yang tepat jatuh hari ini diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Bukan tanpa alasan, Hari Kesehatan Mental Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya menjaga kesehatan mental atau jiwa.

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan mental?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan mental. Selain itu, setiap orang juga umumnya mempunyai caranya masing-masing. Namun, yang jelas setidaknya Anda memerhatikan kesehatan mental Anda jika sudah mengalami stres.

Baca Juga: Simak 5 Obat Asam Urat Alami yang Aman Untuk Dikonsumsi

Pasalnya, stres bisa memicu munculnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan. Namun, tak jarang stres atau kesehatan mental cenderung kurang menjadi perhatian. 

Padahal, jika dibiarkan stres berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental sekaligus fisik. 

Jika Anda dapat mengelola stres dengan baik, akan membuat hati lebih tenang dan bahagia menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Merangkum dari Sutter Health, ada beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan. Di antaranya: 

1. Seimbangkan Pekerjaan dan Waktu Luang

Cara menjaga kesehatan mental pertama adalah dengan menyeimbangkan pekerjaan dengan waktu luang. Luangkan waktu sejenak untuk menikmati kehidupan diluar pekerjaan baik sendiri maupun bersama orang lain.

2. Olahraga Teratur

Menggerakkan tubuh Anda secara teratur dapat menyeimbangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu menjaga kesehatan mental. Contohnya, Anda bisa berjalan kaki 20 menit setiap hari atau melakukan berbagai jenis olahrga yang Anda sukai.

Baca Juga: Hati-Hati! 5 Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat  

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental loh. Selain itu Anda juga disarankan untuk mengurangi atau menghindari mengkonsumsi alkohol, kafein dan makanan olahan yang mengandung gula berlebih karena tidak baik untuk kesehatan.

4. Melakukan Hobi

Apakah Anda suka berkebun, membaca, mendengarkan musik, atau kegiatan kreatif lainnya? Melakukan kegiatan yang memberi Anda kesenangan dan kegembiraan alias hobi dapat membuat kesehatan mental Anda terjaga. 

Dilansir Sutter Helath, penelitian menunjukkan bahwa melakukan hobi dapat mengurangi stres hampir setengahnya dan juga menurunkan detak jantung Anda.

5. Meditasi

Meditasi

Anda juga bisa melakukan meditasi untuk menjaga kesehatan mental. Salah catu contohnya, Anda bisa melakukan yoga atau berbagai teknik relaksasi lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

6. Tidur yang Cukup

Jika Anda tidur kurang dari tujuh hingga delapan jam per hari, tubuh Anda tidak akan mentolerir stres sebaik mungkin. Pasalnya, tidur yang cukup sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan mental dan membuat tubuh serta pikiran istirahat.

7. Berlibur

Belibur menjadi salah satu cara yang cukup populer untuk menjaga kesehatan mental. Anda bisa berlibur sejenak dari rutinitas yang membuat Anda stres.

Pasalnya, Menjauh dari itu semua dapat mengatur ulang toleransi stres Anda dengan meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda, yang membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia dan lebih produktif setelah kembali. 

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol Alami yang Penting Untuk Anda Ketahui

8. Temui Konselor, Pelatih, atau Terapis

Jika Anda mengalami stres yang berkepanjangan, disarankan untuk segera datangi atau cari terapis, pelatin atau konselor yang bisa membantu Anda dengan mengatasi masalah yang Anda alami. Hal tersebut akan lebih efektif menghilangkan stres sekaligus menjaga kesehatan mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×