kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-Hati! 5 Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai


Minggu, 09 Oktober 2022 / 14:00 WIB
Hati-Hati! 5 Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Radang usus buntuk adalah salah satu gangguan yang kerap dialami dan bisa menyerang berbagai usia. Untuk itu, ada beberapa gejala usus buntu yang perlu Anda waspadai.

Jika Anda mengalami salah satu gejala usus buntu jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Pasalnya, jika dibiarkan usus buntu bisa semakin parah dan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Selain itu, infeksi usus buntu juga meningkatkan risiko bagian tubuh lainnya. Sehingga tak jarang pula infeksi usus buntu dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang serius.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Daun Binahong yang Jarang Diketahui Orang

Oleh sebab itu, biasanya dokter akan segera melakukan penanganan saat mengalami gejala usus buntu. Baik denga pengobatan ataupun masuk ke ruang operasi.

Melansir dari CMRIS, berikut beberapa gejala usus buntu yang perlu Anda ketahui:

Perut Sakit Tiba-tiba

Jika anda merasakan sakit di perut secara tiba-tiba, Anda perlu sedikit waspada. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu gejala usus buntu. Biasanya, jika sakit perut tersebut merupakan gejala usus buntu, rasa sakit akan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Sembelit

Gejala usus buntu selanjutnya adalah sembelit. Meski sembelit adalah hal yang biasa terjadi, namun gejala usus buntu ini akan membuat Anda kesulitan mengeluarkan gas atau sisa makanan yang berada di saluran pencernaan Anda. Serta Anda juga akan mengalami kram perut dan diare.

Baca Juga: 4 Gejala Penyakit Maag yang Perlu Anda Waspadai, Simak!

Buang Air Kecil Sakit

Radang usus buntu juga berdampak saat Anda buang air kecil yang akan terasa sakit. Jika Anda mengalami gejala usus buntu ini, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain menjadi gejala usus buntu, rasa sakit saat buang air kecil juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Mual

Gejala usus buntu lainnya yang sering dialami adalah munculnya rasa mual hingga muntah sekalipun. Hal tersebut dikarenakan radang usus buntu sudah mulai menyebar ke saluran pencernaan lainnya. Sehingga akan menimbulkan rasa mual.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati!

Demam

Gejala usus buntu yang tak boleh terlewatkan yaitu demam. Tak sedikit orang yang menderita radang usus buntu mengalami demam tinggi. Jika demam tidak kian mereda coba pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan sebelum radang usus buntu semakin parah dan muncul penyakit berbahaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×