Kesehatan Umum

Harga murah, buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja?

Kamis, 17 Juni 2021 | 13:47 WIB Sumber: Kompas.com
Harga murah, buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja?

ILUSTRASI. Harga murah, buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja?

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Buah pepaya bisa didapatkan dengan mudah dan harganya pun murah. Namun jangan meremahkan, banyak manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Simak manfaat buah pepaya untuk kesehatan agar kamu lebih rajin makan buah-buahan ini.

Melansir Healthline, berikut manfaat buah pepaya matang untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Mengandung banyak nutrisi

Manfaat buah pepaya sangat banyak karena mengandung banyak nutrisi. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Papain dapat dipecah memecah rantai protein keras yang ditemukan dalam otot-otot daging.

Itulah mengapa, banyak orang telah memanfaatkan pepaya untuk melunakkan daging sejak dulu. Pepaya yang sudah matang bisa dimakan secara langsung.

Namun, pepaya mentah harus selalu dimasak sebelum dimakan, terutama selama masa kehamilan, karena buah pepaya mentah tinggi akan kandungan yang dapat merangsang kontraksi.

Satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung sekitar 59 kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein, serta gizi makro seperti vitamin C dan A, folat (vitamin B9), vitamin B1, B3, B5, E, dan K, kalium, kalsium, hingga magnesium.

Baca juga: Bisa turunkan berat badan, ini 7 manfaat nanas

2. Tinggi antioksidan

Manfaat lain buah pepaya untuk kesehatan antara lain sebagai sumber antioksidan untuk mengurangi paparan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul reaktif yang diproduksi selama metabolisme tubuh. Radikal bebas dapat meningkatkan stres oksidatif yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit.

Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan dalam pepaya, dapat menetralisir radikal bebas. Penelitian mencatat bahwa pepaya yang difermentasi dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan pradiabetes, hipotiroidisme ringan, serta penyakit hati.

Pengurangan stres oksidatif berkaitan dengan kandungan likopen pepaya dan kemampuannya untuk menghilangkan kelebihan zat besi, yang diketahui dapat menghasilkan radikal bebas.

Simak manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru