kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup RS Siloam Resmikan Palembang Integrated Child Center (PICC)


Minggu, 06 Agustus 2023 / 15:49 WIB
Grup RS Siloam Resmikan Palembang Integrated Child Center (PICC)
ILUSTRASI. Caroline Riady, Deputy President Director Grup RS Siloam


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grup RS Siloam meresmikan Palembang Integrated Child Center (PICC) di RS Siloam Sriwijaya pada Jumat (4/8). Klinik ini menyediakan layanan kesehatan khusus anak yang terintegrasi dalam satu area dan didukung oleh berbagai dokter spesialis anak termasuk spesialis kedokteran gigi serta layanan fisioterapi, laboratorium, dan farmasi atau obat-obatan untuk anak.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri tahun 2021, jumlah penduduk Sumatera Selatan (Sumsel) berjumlah 8,49 juta jiwa, dengan 2,22 juta jiwa atau sekitar 26% adalah penduduk anak-anak dengan usia 0-14 tahun.

Mengutip dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, anak-anak dengan usia 0-14 tahun rentan mengalami masalah tumbuh kembang, salah satunya dalah Stunting.

Mengingat dampaknya yang sangat luas dan irreversibel terhadap perkembangan jaringan otak, Stunting merupakan permasalahan nasional kesehatan anak yang menjadi prioritas pemerintah untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia di masa depan.

Baca Juga: Gejala-Gejala dan Cara Mencegah Serangan Stroke yang Wajib Diketahui

Sumsel termasuk dalam tiga besar provinsi terbaik yang menurunkan angka stunting pada 2022, yaitu sebesar 6.2% (18.6% di tahun 2022 dengan 24.8% di tahun 2021).

Meskipun demikian, penurunan angka stunting yang di tahun 2023 dan 2024 tetap menjadi salah satu fokus Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel untuk mendukung penurunan angka stunting nasional mejadi 14% di tahun 2024.

Untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia di masa depan, RS Siloam Sriwijaya meluncurkan pusat layanan kesehatan anak terintegrasi yang diberi nama Palembang Integrated Child Center (PICC).

Kebutuhan kesehatan antara pasien dewasa dan anak tentunya berbeda, untuk itulah klinik ini khusus menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh anak, antara lain klinik tumbuh kembang, klinik rehabilitasi medis, terapi wicara dan okupasi, serta klinik psikologi dan akupunktur.

Layanan medis ini juga didukung oleh 17 dokter spesialis anak dan sub-spesialis, termasuk spesialis urologi dan andrologi yang akan berkolaborasi untuk penanganan sakit pada anak.

“RS Siloam Sriwijaya merupakan wujud komitmen Grup RS Siloam untuk menyediakan layanan kesehatan terpadu untuk seluruh individu, termasuk anak. Mulai dari jenis terapi, pengobatan, pelayanan, hingga keterampilan staf medis, semuanya dapat berbeda dengan pelayanan untuk orang dewasa. Dengan kehadiran PICC, kami berharap dapat menyediakan pelayanan medis berkelanjutan bagi anak yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” kata Managing Director Grup RS Siloam Caroline Riady dalam keterangannya.

Grup RS Siloam mengoperasikan empat rumah sakit di pulau Sumatera, diantaranya adalah RS Siloam Sriwijaya di Palembang, RS Siloam Lubuklinggau, RS Siloam Jambi, dan RS Siloam Medan.

Baca Juga: Grup RS Siloam Merayakan 17 Tahun Berdirinya RS Jantung Diagram

Salah satu layanan unggulan di RS Siloam Sriwijaya adalah layanan ibu dan anak. Dengan visi untuk menyediakan continuum of care, RS Siloam Sriwijaya menyediakan fasilitas yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pasien ibu dan anak.

Pasien yang sudah cukup lama menantikan kehadiran buah hati dapat berkonsultasi dengan dokter ahli di klinik BlastulaIVF RS Siloam Sriwijaya yang merupakan pusat fertilitas pertama di Sumatera Selatan dan pertama di Grup RS Siloam dan telah menghasilkan lebih dari 300 kehamilan sejak dibuka pada Mei 2021.

Pada klinik ini juga tersedia fasilitas seperti intra uterine insemination, fertility preservation, reproduction treatment, serta hormonal and DNA tests untuk pelayanan yang lebih komprehensif.

Untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, RS Siloam Sriwijaya menyediakan program NEST, yaitu layanan program kehamilan komprehensif bagi calon orang tua, sehingga mereka mendapatkan pelayanan, pendampingan, dan perawatan terbaik untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati.

Program ini didukung oleh tenaga medis terdedikasi yang hadir untuk membantu kehidupan baru orang tua mulai dari perencanaan kehamilan, selama masa kehamilan, persalinan, hingga pasca persalinan.

Untuk melengkapi pelayanan kesehatan ibu dan anak, RS Siloam Sriwijaya juga membuka Palembang Integrated Child Center (PICC) untuk melayani berbagai kebutuhan kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Operasi Pemasangan DBS pada Pasien Parkinson: Pengobatan Inovatif dan Harapan Baru

Berdiri sejak tahun 2012, RS Siloam Sriwijaya Palembang menyediakan lebih dari 150 tempat tidur dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti radiologi yang komprehensif, 2 alat laparoskopi, laboratorium embriologi, serta berbagai alat fisioterapi yang lengkap.

RS Siloam Sriwjaya didukung oleh lebih dari 150 dokter dan spesialis, serta lebih dari 280 perawat dan tenaga medis yang mampu melayani lebih dari 1.000 pasien rawat inap dan lebih dari 20.000 pasien rawat jalan setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×