Kesehatan Umum

Gerakan Pentahelix 5 juta masker medis oleh GP Ansor, Aice dan Kantor Staf Presiden

Rabu, 14 Oktober 2020 | 20:58 WIB Sumber: Pressrelease.id
Gerakan Pentahelix 5 juta masker medis oleh GP Ansor, Aice dan Kantor Staf Presiden

ILUSTRASI. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko membuka serial kampanye 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group pada Rabu (14/10) di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

KONTAN.CO.ID - Kepala staf Kepresidenan, Moeldoko pada Rabu (14/10) membuka kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diprakarsai oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group di Kantor Staf  Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Kolaborasi pentahelix yang berarti menggabungkan lima pilar kekuatan dari pemerintah pusat dan daerah, komunitas, pelaku usaha dan media diharapkan lebih efektif dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.
Pemerintah meyakini pendekatan pentahelix yang melibatkan lima pilar ini akan memunculkan gerakan alami dan efektif dalam mencegah penularan Covid-19 di Indonesia. Itu sebabnya, Moeldoko menyampaikan gerakan 3M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak akan terus digalakkan guna menekan laju penyebaran virus Covid-19.

“Kami di KSP akan selalu mengawasi perkembangan gerakan 3M, evaluasi masalah di lapangan maupun penyampaian logistik masker sebagai salah infrastruktur penting gerakan akan kami jalankan. Kami harap kampanye GP Ansor dan Aice Group makin memperkuat pentahelix kita bersama, “jelas Moeldoko.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, kombinasi gerakan kultural yang massif dan riil di masyarakat disertai dengan dukungan logistik masker dari Aice Group akan memperbaiki kondisi pandemi di akar rumput masyarakat Indonesia. “Kami mengapresiasi dukungan Aice terhadap gerakan bersama ini. Mudah-mudahan kerja bareng ini akan dapat memperbaiki manajemen pandemi kita ini,”jelas Gus Yaqut.

Aice produksi sendiri masker medis Shield

Aice Group memproduksi sendiri masker medis bermerek Shield di pabrik baru di Mojokerto, Jawa Timur. Masker medis Shield 3 lapis telah mendapat sertifikasi dari Kementerian Kesehatan dengan spesifikasi standar medis. “Masker medis Shield tidak diperjualbelikan, kami produksi khusus untuk program CSR,”ujar Sylvana, Brand Manager Aice Group.

Aice Group sendiri mencanangkan gerakan 20 juta masker medis dengan perincian 5 juta masker medis dibagikan dalam Gerakan Pentahelix bersama GP Ansor dan 15 juta masker medis didistribusikan melalui 200 ribu UMKM melalui edukasi pencegahan Covid-19 dan promosi.

Setiap warung yang mendistribusikan es krim Aice akan terlibat dalam gerakan pembagian 15 juta masker medis Shield. “Setiap 10 pembeli pertama akan dibagikan masker, jadi langsung diberikan maskernya, sehingga tidak berkerumun,”jelas Sylvana. Selain itu karyawan Aice juga ada yang menjadi relawan dengan membagikan masker dengan mendatangi dari rumah ke rumah.

Gerakan pentahelix berbagi masker oleh Aice dan GP Ansor menjangkau 20 kota dan kabupaten dari barat dan timur Indonesia Wilayah sasaran kegiatan mulai dari Jakarta, Bogor, Cirebon, Bandung, Rembang, Semarang, Pekalongan, Surabaya dan Ambon. Lalu dilanjutkan ke Palembang, Medan, Batam, Yogyakarta, Malang, Kudus, Denpasar, Manado, Banjarmasin, Madiun dan Makassar.

“Fokus kegiatan adalah menjangkau masyarakat bawah di berbagai kota, berbagai pekerjaan yang beresiko seperti petugas penanganan sampah, petugas pemakaman dan petugas kebersihan di kantor-kantor akan menjadi salah satu target utama,”jelas Gus Yaqut. Semoga aksi nyata yang intens ke masyarakat dapat mencegah perburukan pandemi. Jangan lupa gunakan maskermu.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun


 

 

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti


Terbaru