Gejala tumor otak berdasarkan lokasi kemunculannya

Jumat, 20 November 2020 | 08:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gejala tumor otak berdasarkan lokasi kemunculannya

ILUSTRASI. Gejala tumor otak terasa berdasar lokasi kemunculan tumor.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terdapat dua jenis sel yang ada dalam otak, yaitu neuron dan glial cell. Tumor dapat terjadi saat ada sel abnormal yang tumbuh sehingga menyebabkan benjolan. Gejala tumor otak biasanya muncul sesuai dengan lokasi di mana tumor tumbuh.

Biasanya, tumor otak dikategorikan menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Kedua jenis tumor itu sama-sama perlu mendapat perawatan yang benar. Jika tidak, kondisi kesehatan Anda yang lain bisa terganggu.

Mengutip dari Cancer Council (cancercouncil.com.au), tumor jinak biasany tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar. Kemunculan tumor jinak akan mengganggu fungsi otak sehingga perlu mendapat perawatan yang cepat dan tepat.

Di sisi lain, tumor otak ganas bisa tumbuh dengan cepat dan menyebar ke sumsum tulang belakang. Kondisi tersebut mampu membahayakan kesehatan nyawa seseorang. Artinya, Anda perlu segera mendapat pengobatan yang sesuai.

Baca Juga: Terganggu karena vertigo? 5 Obat vertigo alami ini bisa jadi jawabannya

Otak terdiri dari berbagai sel dan jaringan yang bisa berkembang menjadi beragam tipe tumor. Ada lebih dari 40 tipe tumor otak yang dimulai dari bagian otak mana pun. Pengelompokan tumor didasarkan oleh lokasi kemunculan dan kecenderungan perilaku sel.

Gejala Tumor Otak Umum

Kemunculan tumor otak akan menekan tengkorak. Melansir dari Cancer Council, tekanan itu terjadi karena tumor mengambil banyak ruang sehingga aliran cerebrospinal fluid dalam otak menjadi terhambat.

Semakin besar tekanan yang muncul, gejala tumor otak juga semakin terasa. Beberapa gejala umum yang mungkin Anda alami adalah sakit kepala, mual, muntah, kebingungan, penglihatan mengabur, mengantuk, kejang, hingga pingsan.

Gejala Tumor Otak Berdasarkan Lokasi

Seperti yang telah dikatakan, peneglompokan tumor otak didasarkan oleh lokasi kemunculannya. Hal itu menyebabkan gejala tumor otak yang muncul bisa berbeda-beda. Untuk tumor yang muncul di lobus frontal, gejala yang muncul berupa perubahan sikap, mood swing, kesulitan berjalan, dan penurunan fungsi indra penciuman.

Baca Juga: Penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara cepat mengatasinya

Jika tumor muncul di lobus temporal, penderita tumor otak akan mudah melupakan percakapan, kesulitan memahami perkataan orang lain, dan kesulitan untuk mempelajari atau mengingat informasi baru. Bagi penderita tumor di lobus oksipital, fungsi indra penglihatan akan hilang sebagian atau seluruhnya.

Saat tumor muncul di batang otak, penderitanya akan kesulitan untuk menelan dan berbicara, merasa kelelahan, kesemutan di wajah, dan pola tidur berubah. Hal yang berbeda diraskan ketika tumor berada di sumsum tulang belakang. Penderitanya akan mengalami sakit pinggang dan leher dan kesulitan berjalan.

Selanjutnya: Cara membedakan sakit kepala tanda tumor otak dengan sakit kepala biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru