Cara membedakan sakit kepala tanda tumor otak dengan sakit kepala biasa

Kamis, 01 Oktober 2020 | 11:03 WIB Sumber: Kompas.com
Cara membedakan sakit kepala tanda tumor otak dengan sakit kepala biasa

ILUSTRASI. Ilustrasi. Cara membedakan sakit kepala tanda tumor otak dengan sakit kepala biasa

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tanda-tanda tumor otak biasanya adalah nyeri hebat di bagian kepala. Namun, tidak semua sakit kepala adalah tanda tumor otak. Lalu bagaimana membedakan tanda-tanda tumor otak dengan sakit kepala biasa?

Munculnya nyeri hebat di bagian kepala atau sakit kepala acapkali bikin khawatir. Terlebih jika rasa sakit muncul berulang kali tanpa sebab yang jelas. Masalah kesehatan ini kerap membuat orang bertanya-tanya, "Apakah ini tanda-tanda tumor otak atau penyakit berbahaya lainnya?"

Seberapa umum sakit kepala disebabkan tumor otak?

Banyak penyebab sakit kepala. Tumor otak hanyalah salah satunya. Kabar baiknya, ahli bedah saraf dari Pusat Tumor Otak Komprehensif dari Johns Hopkins Medicine AS menyebut, sakit kepala jarang karena tumor otak.

Melansir Johns Hopkins Medicine, sakit kepala adalah masalah kesehatan umum yang bisa disebabkan ketegangan, stres, tekanan darah tidak normal, gangguan pencernaan dan saraf, dll. Tapi, Anda perlu waspada dan berkonsultasi ke dokter jika sakit kepala parah kerap muncul dan tanpa sebab yang jelas.

Baca juga: Dampak teh boba bagi kesehatan, dari diabetes, penuaan dini dll

Hal yang perlu diketahui, tanda-tanda tumor otak tidak selalu disertai sakit kepala. Sakit kepala baru muncul saat tumor di otak membesar dan menekan saraf atau pembuluh darah.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai ciri-ciri sakit kepala yang bisa menjadi tanda-tanda tumor otak. Gejala tumor otak bisa beragam, tergantung ukuran, jenis, dan lokasi tumor. Dilansir dari laman resmi American Brain Tumor Association, gejala tumor otak yang cukup umum adalah sakit kepala. Sekitar setengah penderita tumor otak merasakan gejala sakit kepala.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru