Gejala kanker usus dan cara mencegahnya

Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gejala kanker usus dan cara mencegahnya

ILUSTRASI. Perut terasa tak nyaman bisa jadi salah satu gejala kanker usus. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker usus biasanya dialami oleh orang dewasa. Meski demikian, tak menutup kemungkinan bahwa jenis kanker ini juga dialami oleh anak-anak. Ada banyak gejala kanker usus yang bisa terjadi. Jika tak segera ditangani, gejala tersebut akan membuat kondisi kesehatan menjadi lebih parah.

Penyebab Kanker Usus

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), kanker usus dimulai saat DNA dalam sel bermutasi. Sel akan berkembang biak saat dibutuhkan agar tubuh berfungsi dengan normal. Namun, saat bermasalah, sel tetap akan berkembang biak meski tak dibutuhkan.

Lama-kelamaan, jumlah sel yang terus meningkat akan berubah menjadi tumor. Selain menyerang jaringan di sekitarnya, sel kanker juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya tanda-tanda kanker usus.

Mulai dari usia, ras, riwayat kesehatan, kondisi kesehatan yang lain, dan pola hidup. Obesitas dan aktivitas fisik yang kurang meningkatkan resiko kanker usus. Begitu pula dengan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

Baca Juga: 3 Gejala kanker kulit beserta cara mencegahnya

Gejala Kanker Usus

Biasanya, gejala kanker usus sudah terasa sejak polip tumbuh di usus seseorang. Mayo Clinic menyebutkan, gejala yang dirasakan tiap orang berbeda-beda. Tergantung dari ukuran kanker dan lokasi di usus besar.

Dari sekian banyak gejala yang terasa, ada beberapa tanda yang umum terjadi. Misalnya, berat badan turun tanpa sebab, kelelahan ekstrem, perut terasa tak nyaman dan kram, buang air besar disertai darah, sembelit, dan diare.

Cara Mencegah Kanker Usus

Saat menginjak usia 50 tahun, Anda disarankan untuk melakukan screening cancer. Apalagi jika Anda memiliki faktor resiko yang meningkatkan kemungkinan terkena kanker usus. Hal itu dilakukan agar perawatan yang tepat bisa lebih cepat dilakukan.

Baca Juga: Patut waspada, inilah 4 arti sakit perut sebelah kiri

Selain melakukan screening, mencegah terjadinya kanker usus juga perlu Anda lakukan. Biasakan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, hindari merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Bagi wanita, disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari satu kali. Sedangkan pria diimbau untuk tidak minum alkohol lebih dari dua kali dalam sehari. Selain itu, rajin olahraga dan menjaga berat badan juga perlu dilakukan.

Selanjutnya: Catat, inilah 4 makanan penyebab kanker payudara

Editor: Belladina Biananda


Terbaru